INI YANG AKAN TERJADI PADA TUBUHMU JIKA TERLALU BANYAK KONSUMSI KARBOHIDRAT

Pola makan yang ideal seharusnya tetap mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk karbohidrat. Makronutrien ini setidaknya harus memenuhi 45-65 persen total kalori harian.

Sayangnya, seringkali orang terjebak mengkonsumsi karbohidrat dengan berlebihan. Hal ini terjadi akibat orang-orang sering tergiur dengan sumber-sumber karbohidrat yang lezat seperti pasta, mie goreng, roti, dan lain sebagainya. 

Padahal konsumsi karbohidrat yang berlebihan bisa membawa dampak negatif bagi tubuh. Karenanya, Anda harus mengenali sinyal yang diberikan tubuh akibat terlalu banyak konsumsi karbohidrat. 

Lantas, apa saja ciri yang muncul jika tubuh kelebihan karbohidrat? Yuk simak selengkapnya!

Tubuh Mudah Lelah dan Lemas

Menurut American Heart Association, saat tubuh mencerna karbohidrat sederhana, glukosa yang dilepaskan pada aliran darah dalam dosis yang besar. Karenanya, energi yang muncul saat Anda mengkonsumsi karbo sederhana akan muncul seperti ledakan dan biasanya berlangsung dengan singkat. Selanjutnya Anda pun akan merasa tidak berenergi dan lelah.

Sering Kembung

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana bisa menyebabkan tubuh kekurangan serat, karena biasanya serat terkandung dalam karbohidrat kompleks. Hal ini pun bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut terasa kembung dan begah.

Gangguan Tidur

Gangguan tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Jika Anda sering ngemil di malam hari, mungkin inilah sumber masalahnya. Mengkonsumsi camilan tinggi karbohidrat bisa memaksa tubuh mencerna gula. Hal ini sama saja memaksa tubuh untuk bekerja dan bukan untuk beristirahat. Maka tak heran jika waktu tidur Anda pun terganggu.

Kenaikan Berat Badan

Ahli diet menyebutkan jika konsumsi karbohidrat berlebihan juga bisa diartikan sebagai kelebihan asupan kalori. Sebab makanan tinggi karbohidrat umumnya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Misalnya saja seperti makanan manis seperti cake, kue, kukis, dan lain sebagainya. Timbunan kalori pada tubuh pun dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Sulit Konsentrasi 

Anda termasuk orang yang susah berkonsentrasi saat bekerja? Coba yuk cek menu sarapan atau makan siang Anda. Bisa jadi kondisi ini terjadi akibat menu makanan Anda mengandung karbohidrat yang terlalu banyak. Karenanya, pastikan porsi makanan Anda mengandung nutrisi seimbang agar performa kerja tak terganggu akibat menurunnya kemampuan kognitif.

Kecanduan Makanan Manis

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan tubuh melepas dopamin atau hormon yang bisa menyebabkan perasaan senang juga ketagihan. Karbohidrat sederhana akan terurai dengan cepat menjadi glukosa. 

Muncul Masalah Pada Kulit

Permasalahan pada kulit seperti jerawat biasanya terjadi pada usia remaja, meskipun orang dewasa berusia 30-an atau 40-an juga bisa berjerawat akibat faktor genetik atau permasalahan pada hormonnya. Namun selain itu, jerawat pun bisa muncul akibat konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Gula yang tinggi dari karbohidrat bisa meningkatkan produksi hormon androgen yang berhubungan dengan jerawat hormonal.

Gimana nih menurut Sobat Sehat? Kalian termasuk orang yang hobi mengkonsumsi karbohidrat kebanyakan nggak?

Meskipun bisa menyebabkan berbagai gejala pada tubuh jika dikonsumsi kebanyakan, namun bukan berarti kita harus mengabaikan karbohidrat. Bagaimanapun, karbohidrat merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh karena merupakan sumber energi. Sebaiknya jangan konsumsi secara berlebihan dan pilih jenis karbohidrat kompleks yang bisa mengenyangkan lebih lama. 


Source:

Dikutip dari berbagai sumber