YUK JAGA KEBERSIHAN KAMAR BIAR NGGAK TERTULAR COVID-19, INI TIPSNYA!

Adanya pandemi membuat berbagai aktivitas menjadi terhambat. Akibatnya, kita pun semakin sering menghabiskan waktu di rumah.

Selama pandemi ini, beberapa pekerjaan dari kantor pun diselesaikan dari rumah atau work from home. Salah satu ruangan yang paling sering kita gunakan untuk bekerja adalah kamar. 

Meskipun di rumah saja, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kamar ya Sobat Sehat! Selain memperhatikan kebersihan diri, kebersihan ruangan pun harus kita perhatikan untuk menghindari penularan virus corona. 

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga kebersihan kamar selama pandemi ini? Yuk simak caranya!

Menyapu dan Mengepel

Cara membersihkan lantai kamar tidak jauh berbeda dengan masa sebelum adanya pandemi. Pastikan untuk rutin menyapu dan mengepel seluruh lantai kamar ya Sobat Sehat, karena cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif  untuk menjaga kebersihan ruangan.

Jika lantai kamar menggunakan karpet, Anda bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner. Meski begitu, jangan lupa untuk mencuci karpet secara berkala jika memungkinkan.  Selain itu, Anda pun bisa mem-vacuum sofa atau kursi dan membersihkannya secara berkala. Jangan lupa semprotkan disinfektan, apalagi jika Anda terbiasa duduk-duduk terlebih dahulu sebelum ganti baju atau mandi setelah beraktivitas dari luar. 

Ganti Sarung Bantal dan Sprei dengan Rutin

Sarung bantal, sprei, sarung guling, dan selimut tentunya perlu dicuci secara rutin agar kebersihan tempat tidur selalu terjaga. Saat mencuci, jangan lupa untuk merendamnya terlebih dahulu agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Selanjutnya, saat menjemur pastikan benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Bersihkan Meja di Ruangan

Meja merupakan salah satu benda yang sering kita gunakan, namun kadang luput untuk dibersihkan dengan benar. Anda bisa membersihkan meja belajar atau permukaan benda keras lainnya dengan air sabun secara rutin, apalagi jika terdapat kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit yang menempel.

Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak kuman dan bakteri. Karenanya, jika terdapat kamar mandi di dalam ruangan tidur, jangan lupa untuk membersihkan secara rutin ya Sobat Sehat! 

Anda bisa membersihkan area kamar mandi dengan cairan pembersih khusus kamar mandi. Jika perlu, gunakan disinfektan pada area sekitar toilet.

Semprotkan Disinfektan Pada Permukaan Benda yang Sering Disentuh

Tangan merupakan perantara kuman dan bakteri penyebab penyakit untuk masuk ke dalam tubuh kita. Karenanya, benda-benda yang sering disentuh perlu dibersihkan secara berkala untuk mencegah agar bakteri tidak menempel. Anda bisa menyemprotkan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh, misalnya seperti gagang pintu, ponsel, remote, saklar lampu, dan lain sebagainya.

Meski begitu, saat menyemprotkan cairan disinfektan, pastikan untuk menggunakan produk yang telah teruji klinis dan ampuh serta aman untuk digunakan ya Sobat Sehat! Setelah selesai membersihkan ruangan kamar dan melakukan disifeksi, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. 



Source:

Dikutip dari berbagai sumber