MENGENAL GEJALA KANKER KOLON & CARA MENCEGAHNYA

Pada 28 Agustus 2020 lalu, aktor pemeran Black Panther meninggal dunia karena penyakit kanker kolon yang dideritanya. Kanker kolon atau kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar.

Kanker ini termasuk salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi dan merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak. Karenanya kanker usus besar perlu diwaspadai.

Kanker usus besar disebabkan karena adanya mutasi gen atau perubahan pada jaringan usus besar. Namun hingga kini belum bisa diketahui secara pasti penyebab kanker kolon. Meski begitu ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab kanker usus besar,yaitu gaya hidup yang tidak sehat seperti tidak suka makan serat, jarang berolahraga, konsumsi minuman beralkohol, dan merokok.

Biasanya kanker usus besar seringkali tidak menimbulkan gejala di awal. Namun jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit, dan memiliki keluarga dengan riwayat kanker usus besar, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Tentunya semakin awal terdeteksi maka kemungkinan kanker usus besar untuk sembuh akan semakin besar.

Gejala kanker usus besar pada stadium awal seringkali tidak terasa, bahkan tidak muncul sama sekali. Meski begitu ada beberapa gejala yang biasa muncul dan dianggap sebagai gejala kanker kolon pada stadium awal, seperti diare atau sembelit, perut kembung, kram atau sakit perut, perubahan bentuk dan warna tinja, serta BAB yang berdarah. 

Jika merasakan gejala tersebut, sebaiknya jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan kanker usus bisa dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan atau stadium kanker yang dialami. 

Kanker kolon atau kanker usus besar ini juga bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya seperti olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan bergizi yang tinggi akan kandungan serat, menjaga berat badan ideal, berhenti merokok juga tidak mengkonsumsi alkohol.

 

Source: Dilansir dari berbagai sumber