WASPADA, TIDAK MENIKMATI PEKERJAAN DI MASA MUDA BISA MEMBAHAYAKAN KESEHATAN DI MASA DEPAN LHO

Sobat Sehat, apakah Anda sudah merasa puas dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini? Jika tidak, maka Anda perlu waspada dan mulai memperhatikan kesehatan Anda. Sebab, tanpa disadari rasa ketidakpuasan pada pekerjaan tersebut bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Hellosehat.com, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Ohio State University menemukan jika ketidakpuasan pada pekerjaan pertama Anda bisa membahayakan kesehatan di masa yang akan datang.

Penelitian ini mengumpulkan sebanyak 6.400 pekerja pria dan wanita dengan rentang usia 25 hingga 39 tahun. Semua peserta diberikan pertanyaan terkait pekerjaannya saat mereka berusia 20 tahunan. Mereka diminta untuk menilai terkait rasa kepuasannya terhadap pekerjaan yang dilakukan saat itu.

Hasilnya, sebanyak 45% menyatakan tidak puas dengan pekerjaan, 15% puas, 23% partisipan merasa kepuasannya menurun seiring berjalannya waktu, dan 17% lainnya merasa jika pekerjaan yang dilakukan saat ini bisa memuaskan mereka.

Rupanya, kelompok pekerja yang memiliki tingkat kepuasan rendah pada pekerjaannya cenderung mengalami gangguan kesehatan mental. Misalnya seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga masalah tidur. Hal ini pun tentunya bisa menyebabkan mereka rentan terserang penyakit lainnya.

Mengapa perasaan tidak puas dengan pekerjaan bisa membahayakan kesehatan di masa akan datang?

Hal ini berkaitan dengan kesehatan mental. Adanya perasaan tidak puas dengan pekerjaan menimbulkan berbagai macam hal yang bisa menyebabkan stress. Mungkin gejala ini bisa terlihat dari munculnya rasa sakit ada kepala, sering merasa lelah, sakit perut, hingga otot-otot tubuh yang terasa sakit.

Jika tekanan secara psikologis ini tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Stress bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan atau sebaliknya, rusaknya suasana hati, hingga kehilangan gairah untuk hidup. Karena kondisi inilah seseorang akan terdorong untuk menerapkan pola hidup yang tidak sehat yang pada akhirnya bisa menyebabkan risiko munculnya penyakit kronis seperti jantung koroner, stroke, diabetes, bankan serangan jantung.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menghindari penyakit akibat pekerjaan?

Setiap pekerjaan pasti memiliki tekanan dan tuntutan masing-masing. Karenanya, wajar jika Anda akan merasa stress. Hal terpenting adalah bagaimana seharusnya kita mengelola dan merespon stress tersebut agar tidak semakin berlarut dan menimbulkan masalah.

Anda bisa berusaha untuk merespon stress dengan cara yang lebih sehat. Lakukan kegiatan yang Anda sukai untuk mengalihkan diri dari stress. Jika perlu, ambil waktu untuk cuti dan rehat sejenak dari pekerjaan Anda. Cari tahu apa yang menyebabkan Anda merasa tertekan dalam pekerjaan. Jangan ragu untuk membicarakan dengan atasan untuk menemukan solusi jika memang pekerjaan yang Anda jalani saat ini tidak cocok.



Source:

Hellosehat.com