BIAR LEBIH OPTIMAL, INI ATURAN YANG BISA KAMU TERAPKAN SAAT TIDUR SIANG!

Tidur siang rupanya tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, orang dewasa pun membutuhkannya. Apalagi jika Anda kekurangan waktu untuk tidur dan ingin mencari waktu untuk istirahat sebentar, tidur siang adalah pilihan yang bisa Anda lakukan. 

Meski begitu, Anda perlu mencari tahu cara tidur siang yang baik. Sebab jika tidur siang dilakukan di waktu yang tidak tepat atau terlalu lama malah bisa membuat badan terasa tidak enak dan tidak ada manfaat yang bisa didapatkan.

Tidur siang yang baik bisa memberikan berbagai manfaat untuk orang dewasa. Seperti relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan suasana hati, hingga meningkatkan performa kerja secara fisik dan mental. 

Meski begitu, tidur siang pun juga bisa memiliki dampak negatif. Misalnya seperti sleep inertia, atau kondisi saat Anda merasa linglung setelah bangun tidur. Selain itu, tidur siang terlalu lama juga bisa menyebabkan gangguan tidur di malam hari. 

Lalu, bagaimana cara tidur siang yang baik? Lakukan beberapa tips berikut agar Anda bisa mendapatkan manfaat tidur siang:

-Tidur siang yang baik biasanya dilakukan dengan durasi 10 hingga 30 menit. Semakin lama tidur siang justru akan membuat Anda semakin merasa uring-uringan setelah bangun.

-Waktu yang ideal untuk melakukan tidur siang adalah tengah hari. Atau Anda juga bisa melakukan tidur siang sekitar jam 2-3 sore. Namun waktu tidur siang ini bisa juga ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal tidur Anda.

-Tempat untuk melakukan tidur siang yang baik adalah tempat yang tenang, tidak terlalu bising, juga dengan suhu kamar yang nyaman.

Beberapa orang mungkin menganggap tidur siang merupakan “hak istimewa” karena tidak semuanya bisa melakukan akibat padatnya aktivitas yang dimiliki. Namun jika sesekali ingin Anda melakukan tidur siang di tengah kesibukan, sebaiknya jangan terburu-buru membangunkan badan setelah Anda terbangun dari tidur dan langsung melakukan aktivitas. Sebab, membangunkan badan dengan terburu-buru setelah tidur bisa membuat Anda sakit kepala dan tidak enak badan. Sebaiknya berikan jeda beberapa menit hingga Anda merasa segar kembali.


Source:

Hellosehat.com