MAKANAN INI BISA BANTU LANCARKAN SIRKULASI DARAH LHO, APA AJA YA?

Darah merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting, karena berfungsi mengangkut makanan, oksigen, nutrisi, dan beberapa hormon ke seluruh bagian tubuh. Jika terdapat sumbatan pada arteri atau jalan yang dilalui darah, tentunya hal ini akan menimbulkan “kemacetan” yang menyebabkan tertundanya darah ke organ tubuh. 

Adanya penyempitan pada salah satu pembuluh darah tentunya bisa menghambat sirkulasi darah. Jika aliran darah sampai terganggu, tubuh akan terasa kesemutan, mati rasa, gangguan pencernaan, otot tegang, hingga dingin di tangan atau kaki akibat kekurangan suplai darah.

Namun, ada beberapa cara untuk membuat aliran darah menjadi kembali lancar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, selain dengan obat-obatan. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah juga memperlancar sirkulasi darah.

Cabai Merah

Rupanya, mengkonsumsi cabai merah dengan cukup bisa memperlancar sirkulasi darah lho. Bahkan cabai bisa meningkatkan kekuatan pembuluh darah hingga mengurangi penumpukan plak di arteri yang menyebabkan aterosklerosis.

Hal ini disebabkan karena cabai merah mempunyai zat phytochemical atau capsaicin pada sumber pedasnya. Zat ini bisa meningkatkan aliran darah dengan menurunkan tekanan darah dan merangsang pelepasan vasodilator.

Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi. Selain itu, tomat pun bisa mengurangi aktivitas enzim pengonversi angiotensin yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut sehingga tekanan darah bisa tetap terkontrol.

Cokelat Hitam

Rupanya, mengkonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam setiap hari bisa membantu menstabilkan tekanan darah lho. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan flavanol dalam cokelat hitam yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.

Jahe

Jahe mengandung gingerol, yaitu salah satu zat yang alami yang bermanfaat bagi tubuh. Gingerol ini berperan untuk menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah sehingga bisa mencegah sumbatan pada pembuluh darah. Selain itu juga bisa membantu memperlancar aliran darah sehingga bisa meringankan kinerja jantung.

Kacang Kenari

Kacang kenari rupanya mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk tubuh. Misalnya seperti l-arginin, asam alfa-lipoat, dan vitamin E. Penderita diabetes pun disarankan untuk mengkonsumsi kacang kenari karena dapat membantu memperbaiki kerusakan pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. 

Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi kacang kenari pun bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah lho.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kol rupanya mengandung nitrat yang dapat diubah tubuh menjadi vasodilator yang kuat. Vasodilator ini dapat melebarkan pembuluh darah agar mengalir dengan lancar dan tidak membebani kerja pompa jantung.


Diantara beberapa jenis makanan tersebut, manakah yang menjadi favorit Sobat Sehat? Selain mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, tentunya jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat juga ya Sobat Sehat. Misalnya seperti olahraga teratur, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol, serta tidur dengan waktu yang cukup.

Source:

CNNIndonesia.com