SERING DIABAIKAN PADAHAL INI MERUPAKAN GEJALA PENYAKIT BERBAHAYA, YUK KENALI LEBIH LANJUT!

Seringkali penyakit yang berbahaya muncul dari gejala yang kita anggap remeh. Misalnya, mungkin Anda pernah merasakan berbagai gejala seperti nyeri di bagian dada, berat badan yang berkurang drastis, dan lain sebagainya. Gejala tersebut mungkin muncul sesekali namun diabaikan karena dianggap tidak penting. Padahal gejala tersebut bisa menjadi tanda adanya penyakit serius yang terjadi pada tubuh Anda.

Lantas, apa saja gejala penyakit berbahaya yang sering diabaikan?

Berat Badan Turun dengan Drastis

Penurunan berat badan yang besar, misalnya sebanyak 5% dari total berat badan sebelumnya selama enam bulan merupakan tanda adanya gangguan pada metabolisme tubuh. 

Beberapa penyakit yang mungkin membuat berat badan turun secara drastis adalah kanker, diabetes mellitus, gangguan hormon, masalah pada kelenjar tiroid, hingga depresi yang berat.

Badan Semakin Gemuk

Anda pun perlu mewaspadai jika tiba-tiba mengalami peningkatan berat badan, apalagi jika terdapat penumpukan lemak di bagian perut. Adanya tumpukan lemak di bagian perut merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner, gagal jantung, bahkan stroke.

Nyeri Dada

Jangan abaikan jika Anda mengalami nyeri dada, dada terasa sesak dan tertekan meskipun hanya sebentar. Hal ini bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit jantung. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem pencernaan misalnya seperti asam lambung yang naik. Meskipun tidak mengancam nyawa, namun masalah pencernaan ini termasuk penyakit kronis yang bisa dialami dalam waktu yang lama.

Nafas Menjadi Pendek

Anda perlu mewaspadai jika nafas menjadi pendek saat dalam keadaan normal atau saat tidak berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini bisa terjadi karena ada sesuatu yang menghalangi pernapasan. 

Umumnya kondisi ini bisa terjadi jika Anda mengalami asma, peradangan bronkus kronis, dan pneumonia. Nafas yang pendek pun juga bisa menjadi gejala penyakit jantung dan menandakan adanya masalah pada pembuluh darah.

Kulit Kering Bahkan Mengelupas

Apakah Sobat Sehat pernah mengalami kulit yang sangat kering dan bahkan mengelupas? Beberapa ahli mengatakan jika kulit yang sangat kering bisa disebabkan karena kekurangan zat gizi seperti zink hingga adanya gangguan pada kelenjar tiroidnya. Meski begitu, sebaiknya Anda meng konsultasikan pada dokter ahli kulit agar bisa diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Adanya Perubahan Pada Payudara Wanita

Munculnya perubahan pada payudara tentunya perlu diwaspadai, misalnya seperti warna permukaan kulit yang berubah, muncul benjolan, hingga keluarnya cairan dari puting apalagi jika Anda sedang tidak menyusui. Jika mengalami beberapa gejala tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa dipastikan lebih lanjut penyebabnya. Segera periksakan diri ke dokter yang ahli jika mengalami hal ini. Karena kondisi ini termasuk sebagian dari gejala penyakit kanker payudara.


Jika mengalami beberapa kondisi tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter ya Sobat Sehat agar bisa dicari tahu penyebab pastinya. Jangan asal mendiagnosis diri sendiri dan jangan asal mengobati diri agar tidak terjadi masalah kesehatan lainnya yang tidak diinginkan.


Source:

Hellosehat