NGOMONGIN SOAL DIABETES MELITUS, YUK KENALI GEJALA AWALNYA

Indonesia baru saja kehilangan salah satu seniman asal Betawi yakni Omas Wati yang meninggal pada Kamis (16/7) lalu karena riwayat penyakit diabetes yang dimilikinya. 

Penyakit diabetes ditandai dengan sejumlah gejala awal yang dapat menjadi peringatan dini bagi penderitanya. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dialami banyak orang. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sejumlah 422 juta orang di dunia menderita diabetes.

Diabetes terjadi akibat lonjakan gula darah secara drastis. Jika tidak terkontrol dengan baik, penyakit ini bisa menimbulkan sejumlah komplikasi yang mengancam nyawa. Namun tidak banyak orang yang menyadari jika dirinya menderita penyakit diabetes tipe-2, karena setiap orang bisa memiliki gejala yang berbeda.

Dilansir dari CNNIndonesia, berikut ini merupakan gejala awal diabetes tipe-2 yang penting untuk dikenali.

Sering Merasa Lapar dan Mudah Lelah

Pengidap diabetes biasanya tidak mendapatkan energi yang cukup dari asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya. Penyebabnya adalah sistem pencernaan memecah makanan menjadi glukosa yang tidak digunakan tubuh sebagai bahan bakar. Padahal bagi penderita diabetes, glukosa tidak cukup bergerak dari aliran darah ke seluruh tubuhnya. Karenanya, pengidap diabetes tipe-2 sering merasa lapar dan mudah merasa lelah. 

Penglihatan Kabur

Gula darah yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah kecil di mata. Hal ini pun menyebabkan penglihatan menjadi buram. Jika tidak mendapatkan penanganan, kerusakan pembuluh darah ini bisa menjadi lebih parah bahkan menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen.

Sering Buang Air Kecil

Saat gula darah melonjak tinggi, ginjal berusaha mengeluarkan kelebihan kadar gula tersebut dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang sering buang air kecil terutama pada malam hari. 

Selalu Merasa Haus

Akibat terlalu sering buang air kecil, tubuh pun seolah kehilangan air tambahan. Hal inilah yang menyebabkan dehidrasi sehingga seseorang menjadi merasa lebih haus dari biasanya. 

Muncul Bercak Gelap di Kulit

Bercak kulit berwarna gelap yang dikenal dengan istilah medis acanthosis nigricans ini bisanya terbentuk di area lipatan leher, ketiak, dan selangkangan. Bercak gelap yang terasa lembut ini juga bisa menandakan indikasi diabetes pada seseorang.

Jika Terjadi Luka, Butuh Waktu Lama Untuk Sembuh

Kadar gula yang tinggi dalam tubuh juga bisa merusak saraf dan pembuluh darah. Akibatnya sirkulasi darah pun turut terganggu. Karenanya jika terjadi luka maka akan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh bahkan hingga hitungan pekan atau bulan. Penyembuhan luka yang lama ini pun juga menimbulkan risiko terjadinya infeksi.

Kesemutan Hingga Nyeri Pada Tangan dan Kaki

Sirkulasi darah yang terganggu dan sistem saraf yang rusak akibat tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2 ini bisa menimbulkan rasa sakit atau sensasi mati rasa pada tangan dan kakinya. Jika semakin memburuk, kondisi yang dikenal dengan istilah neuropati ini bisa menimbulkan komplikasi yang lebih serius jika tidak ditangani dengan tepat.


Diabetes bisa terjadi pada siapa saja. Sebaiknya selalu jaga pola makan dengan gizi seimbang dan jangan lupa olahraga yang teratur ya Sobat Sehat! Kesehatan sangat mahal harganya dan biasanya hal ini baru kita sadari setelah kita kehilangan. Karenanya, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.



Source:

CNNINdonesia.com