TERNYATA MINUM AIR PUTIH HANGAT DI PAGI HARI BANYAK MANFAATNYA LHO

Air putih memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Tidak sedikit yang menyetujui jika air paling bermanfaat ketika diminum dalam kondisi hangat. Hal ini pun disetujui oleh para pakar kesehatan holistik Ayurveda dan ahli pengobatan China kuno.

Selama berabad-abad, masyarakat Jepang rutin menjalani ritual water cure, yakni rutinitas minum empat gelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur. Kebiasaan ini pun dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meminum air putih hangat bisa membantu mengisi cairan tubuh. Selain itu, air hangat juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan membuat perasaan rileks. Air hangat sebaiknya diminum dalam suhu antara 49-60 derajat celcius, karena jika terlalu panas bisa menyebabkan luka pada area mulut. 

Sobat Sehat apakah sudah rutin mengkonsumsi air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur? Jika belum, yuk kita coba terapkan, karena mengkonsumsi air putih hangat di pagi dan di malam hari ini banyak sekali manfaatnya.

Melancarkan Pencernaan

Meminum air hangat memang terasa menenangkan di perut dan bisa mengaktifkan saluran pencernaan. Air merupakan pelumas yang membuat pencernaan berjalan dengan lancar. Air hangat pun bisa membantu melarutkan makanan yang mungkin susah dicerna tubuh. 

Selain itu, air putih hangat juga  bisa membantu mengatasi sembelit karena membantu usus berkontraksi. Kotoran yang terperangkap dalam usus dapat keluar dari tubuh dengan bantuan dari air putih hangat yang Anda konsumsi.

Meredakan Hidung Tersumbat

Uap yang terhirup dari air hangat bisa membantu melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat. Apalagi jika Anda alergi terhadap udara dingin dan muncul gejala hidung tersumbat di pagi hari, mengkonsumsi air putih hangat akan membantu melegakan saluran pernapasan Anda.

Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Meminum air putih hangat bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks dan sistem saraf pusat pun terasa lebih tenang. Tak hanya itu, air putih hangat pun bisa meredam rasa stress dan cemas yang menyerang Anda.

Menghidrasi Tubuh

Air putih hangat juga bermanfaat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setidaknya orang dewasa disarankan untuk minum delapan gelas per hari. Anda bisa memulai dan menutup hari dengan satu gelas air putih hangat agar tubuh bisa selalu terhidrasi dengan baik.

Peredaran Darah Lancar

Aliran peredaran darah bisa lebih lancar dengan rutin minum air putih hangat. Aliran darah yang sehat merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh, karena tekanan darah menjadi lancar dan terkontrol sehingga bisa mencegah penyakit kardiovaskular.

Sebagai Detoks

Air hangat yang dikonsumsi bisa membuat sistem endokrin tubuh aktif sehingga membuat tubuh Anda berkeringat. Keringat merupakan bagian penting dari proses pembuangan racun atau detoks dari dalam tubuh.


Ternyata, banyak sekali ya manfaat dari minum air putih hangat. Yuk kita rutin minum air putih hangat, terutama di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur.


Source:

CNNIndonesia.com