UANG MENGANDUNG BANYAK BAKTERI, INI DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN!

Uang merupakan salah satu jenis benda yang paling kotor karena mengandung banyak bakteri. Uang bahkan dianggap sebagai benda yang lebih kotor dari toilet. Bakteri atau kuman pada uang bisa menempel di tangan dan masuk dalam tubuh saat kita memegang mata, hidung, atau mulut. Karenanya, kebersihan tangan harus selalu dijaga setelah kita memegang uang kertas ataupun koin. 

Uang bisa berpindah dengan cepat dari satu tangan ke tangan lain, tidak heran jika ratusan hingga ribuan bakteri dan kuman bisa menempel di permukaannya. Semua bakteri yang menempel pada uang dikenal bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, terutama infeksi pada seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah. 

Organisme yang ditemukan pada uang memang berpotensi menyebabkan penyakit, namun menurut penelitian dari University of California, jumlah bakteri yang ditularkan melalui uang kertas dan koin harus signifikan dan hal ini sangat jarang terjadi. Meski begitu, bukan berarti Sobat Sehat bisa mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Kebersihan tangan harus selalu diperhatikan, terutama saat masa pandemi ini. Sebaiknya segera cuci tangan setelah memegang uang. Jika berhalangan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

Hindari untuk memegang wajah, terutama area sekitar mulut, hidung, dan mata sebelum Anda mencuci tangan atau memastikan tangan sudah bersih dan terbebas dari kuman dan bakteri.

Anda tidak tahu siapa dan darimana saja orang yang telah melakukan kontak dengan uang yang Anda pegang. Karenanya, selalu upayakan untuk menjaga kebersihan tangan setelah memegang uang ya Sobat Sehat.


Source:

Hellosehat.com