TERLALU BANYAK KONSUMSI KARBOHIDRAT MALAH BIKIN CEPAT LAPAR LHO

Karbohidrat merupakan kandungan nutrisi yang penting untuk memberikan rasa kenyang dan energi bagi tubuh. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan jumlah asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Karena jika terlalu banyak malah membuat Anda lebih cepat lapar.

Karbohidrat terbagi menjadi dua yakni karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana sering disebut sebagai gula, baik alami ataupun buatan. Sedangkan karbohidrat kompleks biasanya memiliki kandungan pati dan serat.

Jika Anda merasa cepat lapar setelah mengkonsumsi karbohidrat, bisa jadi karena Anda mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang biasanya terkandung dalam makanan dan minuman manis dan makanan olahan. Jenis karbohidrat ini memang cepat dicerna dan begitu memasuki saluran pencernaan, karbohidrat sederhana akan dipecah menjadi butiran glukosa yang kemudian masuk dalam aliran darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

Glukosa yang masuk dalam darah ini mengakibatkan gula darah meningkat. Karenanya, tubuh akan berusaha untuk mengontrol gula darah dengan memproduksi hormon insulin dari pankreas. Insulin ini kemudian mengubah kelebihan glukosa menjadi cadangan energi yang disimpan pada otot dan hati.

Saat gula darah meningkat dengan cepat, pankreas pun akan memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Hal ini pun membuat gula darah turun dengan drastis. Akibatnya, gula darah yang rendah ini memberikan sinyal jika tubuh memerlukan makanan dan Anda pun akan merasa lapar. Selain membuat Anda merasa cepat lapar, proses pelepasan insulin yang menghabiskan banyak energi ini pun akan membuat Anda merasa ngantuk. 

Namun hal yang berbeda akan terjadi jika Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti buah, sayur, hingga umbi-umbian. Jenis makanan ini akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna karena tubuh harus menguraikannya terlebih dahulu menjadi karbohidrat sederhana kemudian dipecah kembali hingga menghasilkan glukosa yang bisa dibawa aliran darah.

Inilah alasannya mengapa saat Anda mengkonsumsi umbi-umbian atau oatmeal yang penuh dengan serat akan membuat Anda kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan makan sepotong kue yang manis. Karbohidrat kompleks pun juga tidak akan membuat gula darah cepat naik dan tubuh tidak akan cepat kehilangan energi.


Source:

Hellosehat.com