YUK CUCI MASKER KAIN DENGAN TEPAT, SIMAK LANGKAHNYA!

Penggunaan masker saat ini telah diwajibkan, terutama bagi yang tinggal di wilayah penyebaran Covid-19. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika keberadaan masker medis saat ini sulit didapatkan. Karenanya, masyarakat pun memilih untuk menggunakan masker kain.

Meskipun tidak seefektif masker medis, namun memakai masker kain lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali. Terutama bagi orang yang sehat dan dalam keadaan mendesak harus keluar dari rumah.

Karenanya, Agar tetap bisa berfungsi secara optimal, Sobat Sehat harus memperhatikan cara perawatan masker kain tersebut, terutama cara mencucinya. 

Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk mencuci masker kain yang perlu Anda simak:


Cuci Setiap Hari 

Masker kain yang sudah dipakai wajib dicuci setiap hari, karena kuman dan bakteri akan menempel setelah masker dikenakan untuk beraktivitas. Karenanya, sebaiknya Anda memiliki cadangan masker kain agar bisa dipakai secara bergantian.

Anda bisa mencuci masker dengan mesin cuci atau secara manual dengan tangan. Pastikan untuk mencuci masker dengan air mengalir atau bisa juga dengan air hangat, karena mikroorganisme tidak akan kuat dengan suhu yang panas.

Untuk mencuci masker kain, Anda cukup menggunakan detergen. Rendam masker dan gosok secara perlahan agar serat kain tidak rusak. Selanjutnya, jangan lupa untuk membilas sampai bersih hingga sisa-sisa detergen hilang.


Jemur dan Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Setelah mencuci masker, jangan lupa untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari. Karena teriknya sinar matahari dapat membantu membunuh mikroorganisme.


Simpan di Tempat yang Kering

Setelah selesai mencuci dan menjemur masker hingga kering, sebaiknya Anda menyimpan masker bersih tersebut jika belum akan dipakai kembali. Pastikan untuk menyimpannya dalam tempat yang bersih dan kering karena tempat yang lembab merupakan lokasi favorit bakteri untuk berkembang biak.


Idealnya, cuci masker setelah digunakan selama 4 jam. Karenanya, pastikan Anda memiliki cadangan masker kain lainnya agar bisa dipakai secara bergantian.




Source:

CNNIndonesia.com

Tagar.id

Hipwee.com