TETAP SEHAT DI TENGAH PANDEMI, BEGINI CARANYA!

Daya tahan tubuh merupakan hal yang penting dalam kesehatan. Karenanya, sistem imunitas tubuh ini harus dijaga untuk melindungi diri agar tidak mudah terserang penyakit. 

Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah agar tidak jatuh sakit, terutama saat terjadi pandemi virus corona seperti saat ini. 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Misalnya seperti menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, dan mengkonsumsi suplemen agar daya tahan tubuh tetap prima.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat merupakan kunci penting agar daya tahan tubuh kita bisa tetap terjaga. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat misalnya saja dengan mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti sayur dan buah juga menerapkan gizi seimbang.

Selain itu istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup juga membantu memperbaiki imunitas. Rutin berolahraga dan menghindari stress pun dapat menghindari penurunan fungsi kekebalan daya tahan tubuh. 

Sebaiknya Anda menghindari rokok dan alkohol karena bisa merusak daya tahan tubuh. Perokok pun lebih berisiko tinggi untuk mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia. Apalagi perokok yang juga merupakan pecandu alkohol, tentunya risiko terkena infeksi paru semakin besar.

Konsumsi Suplemen dan Multivitamin

Mengkonsumsi suplemen dan multivitamin juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain menerapkan pola hidup yang sehat. Hal ini bisa Anda lakukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi. Meski begitu, sebaiknya Anda perhatikan beberapa kandungan yang terdapat pada suplemen atau multivitamin jika Anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya. 

Menerapkan pola hidup yang sehat adalah langkah penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun dalam beberapa kondisi, konsumsi suplemen dan multivitamin bisa diperlukan. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsinya, terutama jika Anda memiliki gejala medis tertentu agar bisa direkomendasikan suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan dosis yang tepat



Source: 

Alodokter.com