KONSUMSI VITAMIN C SECUKUPNYA, INI YANG AKAN TERJADI JIKA JUMLAH ASUPAN BERLEBIHAN

Vitamin c merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin ini juga berperan penting dalam penyembuhan luka, menjaga tulang tetap kuat, hingga meningkatkan fungsi otak. Karenanya, mencukupi kebutuhan asupan vitamin sangatlah penting.

Vitamin c memang penting bagi tubuh, sayangnya tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin c sendiri. Karenanya, kebutuhan asupan vitamin ini bisa kita peroleh dari konsumsi buah dan sayur hingga suplemen vitamin c.

Setiap orang memerlukan asupan vitamin c yang berbeda-beda, tergantung dengan usia dan jenis kelamin. Dalam kondisi yang sehat, rata-rata jumlah kebutuhan harian seseorang akan vitamin c sebanyak 90 mg atau setara dengan dua buah jeruk. 

Memperhatikan jumlah asupan vitamin c yang dikonsumsi dan jumlah yang bisa diserap oleh tubuh merupakan hal yang penting. Mengkonsumsi vitamin c dalam jumlah berlebihan bisa menimbulkan dampak tersendiri bagi tubuh, seperti berikut ini:


  1. Gangguan Pencernaan

Kelebihan vitamin c bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda mengkonsumsinya lebih dari 2000 mg per hari. Gejala paling umum yang bisa terjadi adalah mual dan diare. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengurangi dosis vitamin c atau sebaiknya hindari konsumsi vitamin bersamaan dengan suplemen lainnya.


  1. Kelebihan Zat Besi

Vitamin c dikenal dapat meningkatkan penyerapan zat besi non heme dan membuatnya menjadi lebih mudah diserap tubuh. Karenanya, jika tubuh mengkonsumsi vitamin c dengan berlebihan hal ini bisa menyebabkan kelebihan zat besi yang akan membawa dampak tersendiri bagi tubuh, misalnya saja hemokromatosis.


  1. Ketidakseimbangan Nutrisi

Kelebihan asupan vitamin c yang perlu diwaspadai adalah rusaknya kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Vitamin c bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tebada yang ada dalam tubuh.


  1. Gangguan Ginjal

Saat seseorang kelebihan vitamin c, tubuh akan mengeluarkannya menjadi oksalat melalui urine. Namun dalam beberapa kondisi, oksalat bisa berkaitan dengan mineral dan membentuk kristal yang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. 

Terdapat penelitian yang melibatkan orang dewasa yang mengkonsumsi vitamin c dengan takaran 1000 mg dua kali sehari selama enam hari. Hasilnya, jumlah oksalat yang diekskresikan oleh tubuhnya meningkat sebanyak 20%. Tak hanya itu saja, orang-orang yang mengkonsumsi lebih dari 2000 mg vitamin c dalam sehari juga dilaporkan mengalami gagal ginjal.


Tidak hanya itu saja, kelebihan konsumsi vitamin c juga bisa menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti insomnia, heartburn, dan lain sebagainya.

Vitamin c merupakan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar bisa tetap sehat dengan optimal. Vitamin c juga mudah larut dalam air sehingga memiliki potensi keracunan yang sangat rendah. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi vitamin c secara berlebihan karena bisa menimbulkan risiko penyakit. Sebaiknya konsultasikan  dengan dokter jika Anda ingin mengkonsumsi suplemen vitamin secara rutin.



Source:

Sehatq.com

Doktersehat.com