TETAP SEHAT MESKIPUN KERJA DARI RUMAH, BEGINI TIPSNYA!

Untuk mencegah penularan virus corona, pemerintah turut menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Beberapa perusahaan bahkan memperbolehkan karyawannya untuk melakukan pekerjaan dari rumah. 

Meski begitu, berada di dalam rumah sambil bekerja dan mengkarantina diri nyatanya malah membuat hidup menjadi kurang terkontrol. Work From Home (WFH) terkadang malah menjadi alasan untuk menghabiskan waktu dengan nonton film dan makan cemilan setelah selesai mengerjakan pekerjaan. Tidak hanya mempengaruhi produktivitas, hal ini tentunya juga bisa berpengaruh pada kesehatan.

Karenanya, Anda bisa melakukan beberapa hal kegiatan berikut agar bisa tetap disiplin menerapkan pola hidup sehat meskipun sedang menjalani WFH.


  1. Bangun Pagi dan Jangan Skip Sarapan

Bekerja dari rumah memang terasa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Saking fleksibelnya, Anda bisa bangun lebih siang daripada biasanya. Padahal, membiasakan diri untuk tetap bangun pagi sangat bermanfaat lho bagi tubuh. Pola tidur akan tetap teratur dan kesehatan pun dapat terjaga.

Jika terbiasa bangun pagi Anda pun akan memiliki waktu lebih luang untuk memasak sarapan yang sehat. Sarapan pagi dengan menu yang menyehatkan tidak hanya akan memberikan tambahan energi hingga siang hari, pikiran pun akan terasa lebih fokus saat bekerja.


  1. Berjemur di Bawah Matahari Pagi

Berjemur tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga daya tahan tubuh, namun juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik saat Anda harus menyelesaikan pekerjaan dari rumah.


  1. Duduk dengan Posisi yang Benar Saat Sedang Bekerja

Saat sedang WFH, pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih leluasa di tempat atau posisi bebas, sambil tengkurap sekalipun. Namun ada baiknya jika Anda tetap bekerja bekerja dengan kursi dan meja selayaknya di kantor. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan paling tidak satu jam sekali untuk mengurangi ketegangan otot tubuh. Karena bekerja dengan posisi duduk yang salah jika terlalu lama dapat menyebabkan Anda sakit punggung, leher, atau bahu karena otot-otot menjadi kaku.


  1. Konsumsi Makanan Sehat

Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan gizi seimbang untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Tentunya Anda bisa lebih leluasa untuk mencoba berbagai resep masakan karena memiliki waktu yang cukup banyak di rumah agar tidak bosan.

Sebisa mungkin batasi camilan yang mengandung kalori dan gula berlebih agar berat badan bisa lebih terkontrol. Karena tidak bisa dipungkiri jika godaan terbesar saat WFH adalah mengkonsumsi cemilan yang gurih dan manis.



  1. Olahraga

Untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat meskipun berada di rumah, Anda harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah misalnya seperti zumba, lompat tali, senam aerobik, hingga yoga. Anda juga bisa mengikuti berbagai kelas online atau video tutorial yang ada di internet.


  1. Hubungi Teman atau Kerabat Untuk Berinteraksi

Meskipun nyaman berada di dalam rumah, namun lama-kelamaan Anda bisa saja dihantui dengan rasa bosan dan kesepian. Hal ini wajar terjadi karena saat Anda melakukan pekerjaan di rumah, interaksi sosial menjadi lebih sedikit jika dibandingkan saat Anda bekerja di kantor. Untuk menghindari stress, Anda bisa menghubungi teman-teman atau keluarga melalui telepon, video call, atau media sosial agar tetap bisa berinteraksi dengan orang lain namun tetap menjaga jarak dan berada di dalam rumah.


Bekerja dari rumah memang membuat kita memiliki banyak waktu senggang di rumah. Namun ada baiknya jika kita tetap bisa produktif dan tidak terlena untuk bersantai-santai. Anda bisa menjadikan momen WFH ini untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Mempraktikannya memang tidak semudah membayangkannya, namun jika bisa disiplin, tentunya Anda bisa tetap produktif dan sehat.



Source: 

Alodokter.com