FAKTA DAN HOAX SOAL COVID-19 YANG SEBAIKNYA KAMU KETAHUI

Selain menjaga kebersihan, salah satu upaya pencegahan penularan adalah membekali diri dengan pengetahuan mengenai Covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca informasi mengenai persebaran virus ini. 

Mengedukasi diri dengan baik bisa menghindarkan kita agar tidak mudah terpapar informasi palsu, karena belakangan ini tidak sedikit disinformasi yang beredar mengenai virus corona.

Ada baiknya agar kita selalu berhati-hati sebelum menyebarkan informasi. Yuk kenali mana informasi yang benar dan salah agar tidak semakin menimbulkan kepanikan masyarakat.

Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai virus corona yang sebaiknya Anda ketahui.


Apakah Virus Ini Akan Mati di Suhu Panas?

Jawaban: Tidak

Penularan virus corona bisa terjadi di mana saja, bahkan pada daerah yang panas sekalipun, misalnya saja di Afrika atau Arab Saudi. 

Peningkatan suhu mungkin saja bisa melemahkan virus ini, namun tidak mematikan. Jadi postingan yang mengklaim jika virus ini bisa mati pada suhu 26-27 derajat celcius bisa dipastikan adalah hoax. 

Salah satu cara untuk mencegah penularan  virus ini adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Atau bisa juga menggunakan hand sanitizer yang setidaknya memiliki kandungan alkohol sebesar 60%. Selain itu, jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.


Apakah Mandi Air Panas Bisa Mencegah Penularan Virus Corona?

Jawaban: Tidak

Mandi menggunakan air panas nyatanya malah akan membahayakan kulit tubuh. Temperatur tubuh manusia berkisar antara 36.5 hingga 37 derajat celcius, tanpa mempedulikan perubahan suhu lingkungan termasuk temperatur air yang digunakan untuk mandi. Peningkatan temperatur suhu manusia akan terjadi jika terdapat infeksi tertentu dalam tubuh. 


Apakah Virus Corona Bisa Menular Melalui Gigitan Nyamuk?

Jawaban: Tidak

Sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan jika nyamuk bisa menjadi perantara penularan virus ini. Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini ditularkan melalui droplets atau cairan tubuh dari orang yang sudah terinfeksi. Misalnya seperti percikan cairan batuk atau bersin. Droplets tersebut pun tidak bisa melayang bebas di udara, namun ia dapat jatuh dan menempel pada permukaan benda.


Apakah Hand Dryer Bisa Membunuh Virus Ini?

Jawaban: Tidak

Hand dryer atau pengering tangan tidak bisa membunuh virus, malah berisiko menyebarkan patogen-patogen lain pada paparan yang lebih luas melalui hembusan angin yang dihasilkan. 

Untuk mencegah diri dari penularan virus, sebaiknya Anda rutin membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer atau dengan sabun dan air yang mengalir. Saat tangan sudah bersih, menurut WHO, sebaiknya Anda mengeringkannya dengan tissue dan langsung membuangnya pada tempat yang tertutup.


Apakah Thermal Scanner Bisa Mendeteksi Virus Corona?

Jawaban: Tidak

Thermal scanner hanya bisa mendeteksi seseorang dengan suhu tubuh yang tinggi. Peningkatan suhu tubuh seseorang dengan kategori demam (38 derajat celcius) biasanya terjadi karena adanya infeksi. Meski begitu, demam tidak bisa menjadi indikasi seseorang terinfeksi virus corona karena ada beberapa faktor dan gejala lain yang perlu diperhatikan. 


Apakah Makan Bawang Putih Bisa Mencegah Penularan Virus Corona?

Jawaban: Tidak

Bawang putih merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan antimicrobial. Meski begitu, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang mengklaim jika memakan bawang putih bisa menangkal virus corona. Namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bawang putih karena bahan makanan ini memiliki berbagai kandungan manfaat bagi tubuh.


Apakah Antibiotik Bisa Mencegah Penularan Virus Corona?

Jawaban: Tidak

Antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk melawan bakteri dan tidak bisa untuk melawan virus. Pencegahan virus bisa dilakukan menggunakan vaksin, namun saat ini vaksin untuk virus corona belum ditemukan. 


Apakah Menyemprotkan Alkohol dan Klorin Ke Seluruh Tubuh Bisa Membunuh Virus Corona?

Jawaban: Tidak

Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh tidak bisa membunuh virus yang berada di dalam tubuh. Selain itu penyemprotan yang tidak tepat justru bisa membahayakan selaput membran mukosa tubuh, seperti mata dan mulut. 

Karenanya, untuk membersihkan kulit tubuh sebaiknya Anda mandi setidaknya dua kali sehari dan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan diri.


Mengedukasi diri memang penting, namun jangan menelan mentah informasi yang Anda dapatkan. Kenali darimana sumber informasi tersebut sebelum menyebarkannya pada orang lain dan menimbulkan kepanikan.


Source: WHO