HATI-HATI, INI YANG AKAN TERJADI JIKA TUBUH KEKURANGAN KALSIUM!

Bisa dibilang jika kalsium merupakan zat yang diperlukan tubuh agar tidak rentan terserang penyakit. Tubuh memerlukan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium pun diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan saraf agar tetap bisa berfungsi dengan baik. 

Kekurangan kalsium bisa mengancam kesehatan tubuh. Karenanya kondisi ini perlu dihindari. 

Apa yang Menyebabkan Seseorang Kekurangan Kalsium?

Setiap orang memiliki risiko kekurangan kalsium pada tubuhnya. Tanpa disadari, risiko ini dapat meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Kekurangan kalsium dapat disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D, pola makan vegetarian, efek samping penggunaan obat tertentu atau gangguan penyerapan nutrisi. Atau bisa juga disebabkan karena kondisi medis tertentu seperti gangguan hormon, pankreatitis atau kekurangan albumin.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalsium?

Setiap harinya, orang dewasa memerlukan asupan kalsium setidaknya sebanyak 1000 mg. Sedangkan untuk lansia di atas 50 tahun, setidaknya jumlah asupan kalsium mencapai 1200 mg per hari.

Kekurangan kalsium bisa menyebabkan kondisi dan gejala tertentu pada tubuh. Misalnya seperti menurunnya kesehatan kulit dan kuku yang membuatnya menjadi kering, rapuh, dan mudah patah. Anak-anak yang kekurangan kalsium berisiko tidak dapat tumbuh dengan maksimal saat dewasa. 

Masalah otot pun akan terjadi jika seseorang kekurangan zat kalsium dalam tubuhnya. Biasanya akan timbul nyeri otot dan kram pada bagian tubuh tertentu, bahkan kesemutan dan mati rasa.

Tidak hanya itu, jika kekurangan kalsium, Anda pun akan mudah merasa lelah dan emosi yang tidak stabil. Bahkan Anda juga bisa mengalami gangguan psikologis seperti mudah lupa, sering kebingungan, hingga depresi. Nafsu makan juga akan berkurang.

Orang dewasa yang kekurangan zat mineral penting ini dalam jangka panjang  juga bisa terkena beberapa penyakit serius. Misalnya seperti osteoporosis, patah tulang, penyakit rakitis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker (kanker usus besar, kanker rektum, dan kanker prostat) juga preeklamsia pada ibu hamil. 

Lalu, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Agar Asupan Zat Kalsium Tubuh Tetap Terpenuhi?

Agar tubuh tidak kekurangan kalsium, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat mineral ini sebagai bagian dari menu asupan harian. 

Beberapa makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber kalsium antara lain adalah seperti ikan laut, buah-buahan seperti jeruk, kiwi, pepaya, atau kurma. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran seperti brokoli dan bayam. Susu, keju, dan yogurt pun juga mengandung kalsium yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain dari makanan dan minuman alami, suplemen kalsium pun bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir risiko kekurangan kalsium. Namun penggunaan suplemen ini perlu diwaspadai agar tidak berlebihan. Karena kelebihan kalsium juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut untuk memastikan dosis dan penggunaannya agar sesuai dengan kondisi tubuh.



Source:


Sehatq.com

Alodokter.com