TERNYATA STRESS BISA BIKIN BERAT BADAN BERTAMBAH LHO

Stress tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental namun bisa juga mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Salah satu dampak yang sebagian besar ketahui mungkin stress bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makan, sehingga berat badan pun akan menyusut. Tapi ternyata ada juga lho beberapa orang yang malah mengalami kenaikan berat badan akibat stress. Kok bisa?

Stress memang memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang kehilangan nafsu makan sampai melewatkan jam makan, tapi ada juga yang malah menjadikan makan sebagai pelarian akan rasa sedih yang dialami.

Kenaikan berat badan akibat stress ini dipengaruhi oleh faktor hormonal. Saat stress, tubuh kita akan meresponnya dengan meningkatkan kadar hormon kortisol. Hormon ini berfungsi untuk menghadapi situasi yang mengancam atau melarikan diri.

Hormon stress yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal ini meningkat sebagai respon dari adanya ancaman. Saat tubuh tidak lagi melihat adanya ancaman, kadar kortisol pun akan kembali normal.

Namun saat kita masih merasa stress secara terus menerus, secara tidak langsung tubuh akan mengalami paparan yang berlebihan akan hormon kortisol. Hal ini bisa menjadi masalah karena kortisol juga merupakan hormon yang bisa menstimulasi nafsu makan secara signifikan.

Akibatnya, stress yang berlebihan akan membuat seseorang mencari cara untuk melarikan diri dari kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan enak yang sayangnya tidak sehat. Misalnya saja seperti makanan-makanan yang mengandung lemak dan gula, yang dinilai bisa membuat penderita stress merasa lebih nyaman. Makanan tersebut juga bisa memicu kenaikan berat badan.

Mengatur manajemen stress dengan baik merupakan salah satu hal yang direkomendasikan agar tidak terjadi kenaikan berat badan saat Anda sedang dalam kondisi tertekan. Namun jika hormon kortisol sudah terlanjur mengambil alih peran pada tubuh, yang bisa Anda lakukan adalah memilih makanan dengan kandungan lemak baik dan mengendalikan porsinya agar tidak berlebihan. Selain itu Anda juga bisa mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga juga dapat menghilangkan stress karena bisa mendorong keluarnya hormon endorfin yang bisa membuat tubuh lebih rileks dan bahagia.


Source:

Hellosehat.com

Doktersehat.com

Medcom.id