KURANG MINUM AIR PUTIH BIKIN SAKIT PINGGANG, KOK BISA?

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi memang dapat menimbulkan gejala tertentu pada tubuh. Misalnya seperti warna urin yang semakin pekat, rasa lelah atau pusing, bahkan kekurangan minum pun bisa menyebabkan sakit pinggang. 

Kira-kira, apa sih yang menyebabkan kurang air putih bisa memicu sakit pada pinggang?

Tulang punggung manusia terdiri dari beberapa ruas tulang yang diantaranya terdapat bantalan sendi. Bantalan sendi tersebut bertugas menjaga posisi tulang belakang untuk mencegah adanya benturan antar tulang atau guncangan yang membahayakan.

Bantalan ini memiliki lapisan dalam yang berisi zat menyerupai gel dengan kandungan air tinggi. Bantalan ini pun akan menipis jika kehilangan kandungan air. 

Karenanya, saat Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum, pinggang akan terasa sakit karena tubuh tidak memiliki cadangan air yang cukup untuk melenturkan bantalan tulang belakang tersebut. Bantalan ini kemudian akan semakin menipis dan tidak bisa meredam guncangan, sehingga ruas tulang yang ada di atas bantalan tersebut akan menjepit saraf di bawahnya. Tekanan inilah yang menyebabkan sakit pinggang saat tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik.

Cegah sakit pinggang dengan konsumsi air putih

Setiap orang dewasa setidaknya memerlukan asupan air putih setidaknya dua liter per hari. Jumlah ini kurang lebih setara dengan delapan gelas berukuran sedang. Kebutuhan air harian sebenarnya tidak hanya bisa diperoleh dari jumlah air yang diminum saja, tapi juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan berkuah serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Mencukupi kebutuhan harian air mungkin akan terasa sulit, terutama jika sebelumnya Anda merupakan tipikal orang yang jumlah konsumsi airnya sedikit atau kurang minum. Karenanya, Anda bisa mengikuti tips berikut untuk mencukupi asupan harian air.

Tidak disarankan untuk meminum air sebanyak 8 gelas secara langsung, karena malah akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Anda bisa membagi jumlah tersebut menjadi seperti berikut:

  • Satu gelas air saat bangun tidur, sebelum dan sesudah sarapan

  • Satu gelas air sebelum dan sesudah makan siang

  • Satu gelas air sebelum dan sesudah makan malam

  • Satu gelas air sebelum tidur

Mencukupi asupan harian air tentunya memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Termasuk untuk mencegah Anda dari nyeri otot pinggang. Selain itu, asupan air putih yang cukup pun bisa membuat Anda tetap bugar karena tubuh terhidrasi dengan baik. Sehingga aktivitas harian tidak akan terganggu karena Anda bisa berkonsentrasi dengan baik.


Source:

Hellosehat.com