BUKAN DENGAN TIDUR LAMA, TAPI INI CARA YANG BENAR MEMBAYAR UTANG TIDUR

Tidak sedikit yang menganggap jika kekurangan waktu tidur akibat terlalu banyak begadang atau terjaga pada malam hari karena berbagai macam aktivitas, membuat kita menjadi memiliki utang tidur. Selain itu tidak sedikit pula yang membalas “utang tidur” ini dengan tidur lebih lama saat akhir pekan. 

Apakah Anda juga merupakan salah satunya?

Nyatanya, kebiasaan ini malah sama tidak baiknya dengan kebiasaan kekurangan waktu tidur lho.

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk membayar utang tidur?

Sebenarnya, waktu tidur yang hilang adalah utang yang perlu Anda bayar agar tubuh bisa kembali prima. Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini merupakan cara yang tepat untuk membayar utang tidur Anda.


  1. Tambah Jam Tidur Anda

Jam tidur dapat ditambah dengan cara tidur lebih awal atau bangun lebih akhir dari waktu biasa Anda bangun. Penambahan waktu ini  tidak perlu terlalu banyak karena malah hanya akan membuat Anda susah tidur di malam harinya. 

Sebaiknya hitung jam tidur Anda yang hilang kemudian Anda bisa mengalokasikannya pada waktu tidur selama beberapa hari. Misalnya jika Anda berhutang tidur sebanyak 5 jam, Anda bisa mengalokasikannya setiap hari masing-masing sebanyak satu jam waktu tidur selama lima hari. Lakukan hingga Anda berhasil membayar semua hutang tidur Anda.


  1. Membayar dengan Tidur Siang

Membayar utang tidur juga bisa dilakukan dengan beristirahat sejenak pada siang atau sore hari, yaitu dengan tidur siang. Namun Anda harus memperhatikan durasi tidur siang ini, karena jika terlalu lama malah akan membuat Anda terjaga pada malam hari. Idealnya, tidur siang bisa Anda lakukan selama 15-30 menit saja.


  1. Tidur di Akhir Minggu

Terlalu lama tidur di akhir pekan memang memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menambah jam tidur saat weekend tiba. Namun tetap pastikan jika Anda tidak menambah jam tidur secara berlebihan, misalnya dengan menambahkan sebanyak satu hingga dua jam saja dalam satu hari.

Tidur merupakan salah satu hal yang penting, karena kita bisa mengistirahatkan tubuh  setelah lelah beraktivitas. Ketika aktivitas yang mengganggu jam tidur dan memaksa untuk begadang tidak terlalu penting, sebaiknya Anda mengatur ulang jadwal kegiatan tersebut. Jangan sampai mengorbankan kondisi kesehatan Anda hanya karena kekurangan waktu tidur.


Source:

hellosehat.com