JANGAN PANIK! PENULARAN VIRUS CORONA BISA DICEGAH KOK


Bertambahnya jumlah penderita yang terinfeksi Virus Corona sontak membuat masyarakat khawatir. Hingga 3 Maret 2020 lalu, kasus infeksi Corona bahkan telah mencapai 90.000 kasus di seluruh dunia. 

Dari sejumlah kasus tersebut, sebanyak 52 persen pasien telah dinyatakan pulih. Meskipun persentase kasus infeksi Covid-19 ini tinggi namun tingkat kesembuhan pun juga tinggi. Sehingga sebenarnya tidak perlu khawatir terlalu berlebihan akan ancaman Virus Corona.

Menurut penuturan Menteri Kesehatan Indonesia, Virus Corona termasuk dalam golongan Self Limited Disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, seperti halnya virus pada umumnya. 

Pencegahan bahkan kesembuhan dari penderita yang terjangkit Covid-19 sangat mungkin terjadi, asalkan kita memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik. 

Karenanya, daripada sibuk membuang waktu untuk merasa panik, lebih baik kita fokus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tujuannya agar kita bisa terhindar dari berbagai macam ancaman penyakit, termasuk Covid-19.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Anda bisa memulai untuk menerapkan pola hidup sehat. Misalnya dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi. Pastikan pula makanan yang Anda konsumsi sudah matang dengan baik. Olahraga teratur dan menghindari rokok serta alkohol juga bisa membantu menaikkan sistem kekebalan tubuh.

Istirahat Cukup, Hindari Stress

Rupanya, stress merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Karenanya, hindari stress dan sesibuk apapun Anda bekerja, jangan sampai mengabaikan waktu untuk beristirahat ya Sobat Sehat. Istirahat dan tidur dengan cukup pun merupakan faktor penting dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi Multivitamin

Sistem kekebalan tubuh yang baik juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh. Konsumsi vitamin atau suplemen ini bisa menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Anda bisa berkonsultasi pada dokter sebelum memilih suplemen mana yang tepat, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik yang bisa kita lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk  Virus Corona. Jadi, Anda tidak perlu panik ya Sobat Sehat, karena panik dan stress justru malah akan membuat daya tahan tubuh menurun. 

Jaga kesehatan selalu! 



Source:

CNNIndonesia.com

Alodokter.com