SARAPAN PAGI ITU PENTING, JANGAN SAMPAI LEWAT!


Terburu-buru melakukan aktivitas seringkali membuat kita melewatkan hari tanpa sarapan. Padahal, memulai hari dengan menyantap sarapan pagi yang penuh dengan nutrisi memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Ibarat kendaraan, Anda memerlukan bahan bakar untuk mengembalikan energi setelah tidur semalaman yang membuat perut kosong. Inilah alasannya mengapa sarapan pagi sangat penting untuk memulai hari.

 

Sebagai Bekal Energi

Sarapan pagi yang dikonsumsi merupakan bekal energi untuk Anda untuk memulai energi dan beraktivitas seharian hingga akhirnya menyantap makan siang. Tidak heran jika orang yang melewatkan sarapan cenderung lebih mudah lemas, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi.

 

Meningkatkan Mood

Apakah Anda pernah merasa kesal atau marah seharian? Coba cek, apakah Anda sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi rasa bad mood Anda disebabkan karena perut lapar. Agar hal ini tidak sering terjadi, Anda bisa membiasakan untuk memulai hari dengan sarapan supaya suasana hati menjadi lebih baik dan stress bisa diatasi.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak banyak yang tahu jika diet justru malah akan lebih berhasil dengan sarapan teratur setiap hari. Sebaliknya, jika sering bolos sarapan berisiko membuat berat badan semakin bertambah.

Penelitian menunjukkan jika sarapan pagi dengan menu yang sehat bisa membantu menurunkan berat badan. Karena dengan tidak melewatkan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlebih dapat terhindarkan.

 

Terhindar dari Penyakit

Beberapa studi menunjukkan jika sering sarapan akan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit mematikan. Misalnya saja seperti kolesterol, diabetes, penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Menurut penelitian, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat uang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan pun mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.


Menjadi Lebih Fokus

Kebiasaan sarapan juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan kerjaan di kantor, sekolah, atau pun kampus saat perut sudah terisi. Tidak sarapan pagi pun memungkinkan daya pikir menurun.


Sarapan pagi memiliki berbagai manfaat dan sebaiknya menu makan pagi ini pun diatur sebaik mungkin. Misalnya dengan menyantap sarapan sehat yang mengandung biji-bijian utuh, protein, ataupun buah dan sayuran. Kombinasi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak pun bisa bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

Hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi. Jika Anda ragu menentukan menu sarapan yang baik dan sesuai dengan kondisi tubuh dan aktivitas, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi.

 

Source:

Alodokter.com