PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN TELINGA, SIMAK CARANYA!

Menjaga kesehatan dan kebersihan telinga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini bisa mencegah terjadinya gangguan pendengaran dan keseimbangan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bahkan menyadari pentingnya menjaga kesehatan telinga dengan benar.

Salah satu peringatan hari besar kesehatan yang jatuh pada bulan Maret adalah Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran yang jatuh setiap tanggal 3 Maret. Tujuan peringatan hari ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan pendengaran.

Jika dilansir dari Medicalogy.com, World Health Organization (WHO) hingga tahun 2015, menyebutkan ada sebanyak 360 juta orang di dunia mengalami gangguan pendengaran, 328 juta (91%) diantaranya adalah orang dewasa dan 32 juta lainnya adalah anak-anak.

Gangguan pendengaran bisa diatasi dengan berbagai macam upaya, salah satunya adalah dengan tindakan preventif dengan melakukan perawatan kebersihan dan kesehatan telinga. Hal ini bisa mencegah berbagai macam gangguan pendengaran, misalnya seperti telinga berdenging, infeksi telinga, gangguan pendengaran hingga tuli mendadak. Masalah telinga pun bisa mengganggu keseimbangan tubuh seperti munculnya vertigo.

Karenanya, Sobat Sehat bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menjaga kesehatan telinga agar organ pendengaran ini bisa tetap berfungsi dengan baik.

 Stop Kebiasaan Mengorek Telinga

Sebenarnya adanya kotoran di liang telinga dalam jumlah sedikit merupakan sebuah hal yang normal. Kotoran ini bisa berfungsi untuk melindungi liang telinga dari kotoran dan debu.

Meski begitu, terkadang bisa terjadi penumpukan kotoran telinga yang membuat telinga terasa gatal atau tersumbat. Karenanya tidak sedikit yang menggunakan cotton bud atau benda-benda lainnya untuk membersihkan dan mengorek kotoran telinga. Hati-hati ya, Sobat Sehat, karena kebiasaan ini justru dapat melukai telinga dan malah mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

Sebenarnya telinga memiliki cara alami untuk membersihkan kotorannya sendiri. Tapi jika kotoran ini menumpuk dan malah membuat telinga terasa tidak nyaman atau mengganggu pendengaran, sebaiknya segera kunjungi dokter THT untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan dengan cara yang aman. 

Jaga Agar Telinga Tetap Kering

Bakteri dan jamur bisa berkembangbiak dalam telinga yang sering basah dan terlalu lembap. Hal ini akan memicu iritiasi dan infeksi pada telinga. 

Jangan Terlalu Sering Memakai Earphone

Jika sering mendengarkan musik, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan earphone atau headphone selama satu jam secara terus menerus. Beri jeda waktu agar telinga dapat beristirahat, paling tidak selama sekitar 5 menit.

Selain itu hindari pula mendengarkan musik yang terlalu keras dengan volume tinggi. Jika Anda bekerja di lingkungan yang bising, jangan lupa gunakan earplung atau sumbat telinga agar terhindar dari gangguan pendengaran.

Hindari Pemakaian Ear Candle

Ear candle merupakan salah satu metode alternatif untuk membersihkan telinga yang cukup popular di kalangan masyarakat. Namun faktanya, penggunaan ear candle tidak disarankan oleh beberapa dokter karena metode ini tidak terbukti efektif membersihkan telinga dan tidak memiliki manfaat yang jelas untuk kesehatan telinga.

Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter THT, tanda dan gejala penyakit telinga dapat segera terdeteksi sejak dini dan penanganan pun bisa segera dilakukan. Pemeriksaan dokter THT akan mengevaluasi kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengaran dengan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga serta tes pendengaran.

 

Source:

Alodokter.com

Medicalogy.com