WANITA BISA HAMIL KARENA BERENANG DI KOLAM, HOAKS!

Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan adanya statement yang mengatakan jika berenang di kolam renang umum bersama lawan jenis bisa membuat seorang wanita hamil. Adanya isu ini mungkin saja membuat Anda khawatir atau takut untuk berenang di tempat umum, apalagi jika ada banyak pria di kolam tersebut.

Namun, apakah benar seorang wanita bisa hamil saat berenang bersama dengan pria?

Wanita menjadi hamil akibat berenang bersama dengan pria adalah mitos alias tidak benar adanya. Seorang pria mungkin saja melakukan ejakulasi atau mengeluarkan air mani berisi sperma saat berada di kolam renang. Namun hal ini tidak akan bisa membuat wanita yang berada dalam satu kolam yang sama dengannya menjadi hamil.

Sperma yang dikeluarkan oleh pria saat berenang tidak akan bisa berjalan sendiri mencari vagina, menembus pakaian renang, bahkan masuk ke leher rahim dan membuahi sel telur hingga terjadi kehamilan.

Sperma pun tidak bisa bertahan lama di luar tubuh setelah ejakulasi, apalagi pada air kolam yang mengandung kaporit dan berbagai bahan kimia lainnya. Pada permukaan yang kering, misalnya seperti pakaian atau kulit tubuh manusia, sperma pun akan mati saat cairan ejakulat mengering.

Sehingga bisa disimpulkan jika air kolam tidak bisa menjadi perantara bagi sel sperma untuk masuk ke dalam tubuh wanita dan menyebabkan kehamilan.

Terjadinya proses kehamilan juga tidak sesederhana itu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berhasilnya proses pembuahan yang menyebabkan kehamilan, misalnya seperti kondisi organ reproduksi wanita, juga kualitas sperma dan sel telur yang baik.

Berenang di dalam kolam umum tidak akan menyebabkan seorang wanita hamil. Kecuali jika memang sengaja melakukan hubungan seksual dengan pasangan di dalam kolam renang atau di dalam air. Tentunya dengan catatan harus terjadi penetrasi yang memungkinkan sperma untuk bisa masuk langsung ke dalam vagina dan membuahi sel telur. Dalam kondisi ini, air di luar tubuh tidak akan berpengaruh.

Edukasi perihal pengetahuan seksual merupakan hal yang penting. Pastikan Anda memahami bagaimana kinerja sistem reproduksi baik pada wanita ataupun pria sehingga tidak mudah termakan hoaks, terutama perihal mitos kehamilan karena berenang bersama dengan pria.

 

Source:

CNN Indonesia

Sehatq.com