JANGAN ANGGAP SEPELE, INI YANG AKAN TERJADI JIKA TEKANAN DARAH TINGGI

Sering kali orang mengabaikan tekanan darah tinggi karena tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Meski demikian, bukan berati penyakit ini bisa diremehkan begitu saja lho, Sobat Sehat.

Tekanan darah tinggi bisa membuat jantung dan pembuluh darah tegang, bahkan saat perbedaannya tidak terasa sekalipun. Namun nyatanya, tegangan ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung bahkan stroke.

Karenanya, jika Anda memiliki hipertensi, sebaiknya mulailah hidup dengan kebiasaan yang lebih sehat, atau meminum obat untuk menurunkan tekanan darah sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mencegah dampak dari hipertensi dalam jangka panjang.

Disadari atau tidak, ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada tubuh saat Anda mengalami tekanan darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Pembuluh Darah Tersumbat

Normalnya, darah dari jantung dibawa ke seluruh tubuh oleh sebuah pembuluh darah. Pembuluh tersebut memiliki lapisan dalam yang halus dan cukup kuat serta fleksibel untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Namun, tekanan darah yang tinggi akan mengubah kondisi tersebut. Tekanan darah yang tinggi dapat merusak sel-sel dinding bagian dalam pembuluh darah atau arteri. Jika tidak kunjung mereda, lapisan arteri pun bisa robek dan menyebabkan potongan kecil lemak atau plak masuk dan mulai menumpuk. Hal ini pun bisa menyebabkan sirkulasi darah terganggu bahkan menyumbat arteri.

Jantung Bekerja Lebih Keras

Saat pasokan darah pada jantung tidak tercukupi dengan baik, Anda pun bisa mengalami detak jantung yang tidak teratur atau aritmia, nyeri dada atau angina, bahkan serangan jantung.

Penyebabnya adalah jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong darah melalui arteri yang kaku atau tersumbat. Jantung pun akan menjadi lebih besar dari biasanya, bakan dinding otot jantung dapat kehilangan kekuatan dan tidak bisa memompa darah dengan baik.

Hal ini bisa menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung. Risiko ini pun akan meningkat jika Anda memiliki riwayat keturunan penyakit jantung.

Ginjal Rusak dan Masalah Ginjal Lainnya

Ginjal yang sehat memiliki peran dalam menjaga tekanan darah. Saat organ ini rusak, tekanan darah pun bisa naik dan kemudian menyebabkan masalah ginjal lainnya.

Saat pembuluh darah tersumbat, ginjal pun tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Karena ginjal bergantung pada jaringan pembuluh darah kecil untuk membawa oksigen serta nutrisi juga untuk menyaring kotoran dari tubuh.

Stroke dan Gangguan Otak

Saat arteri pada otak robek, bocor, atau tersumbat, laju darah menuju sel-sel otak pun akan terhenti dan dapat menyebabkan stroke. Tidak hanya itu, suplai darah yang kurang pada otak pun bisa membuat Anda kurang berkonsentrasi, berpikir jernih dan mengurangi kemampuan dalam mengingat.

Masalah Penglihatan

Masalah penglihatan bisa saja terjadi akibat tekanan darah tinggi. Karena tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat menekan aliran darah dan merusak pembuluh darah kecil di bagian mata. Cairan bisa menumpuk pada bawah retina yang berfungsi mengatur fokus penglihatan. Hal ini pun bisa menyebabkan masalah seperti penglihatan yang buram bahkan kebutaan saat saraf optik tidak mendapatkan cukup darah.

Mungkin masalah akibat tekanan darah tinggi tidak Anda rasakan sekarang, namun tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup yang sehat. Misalnya dengan menjaga pola dan gizi makanan dan olahraga teratur. Jangan lupa pula untuk selalu mengecek tekanan darah secara berkala.

Source:
Kompas.com