JANGAN ANGGAP REMEH! MINUM AIR PUTIH ITU PENTING

Tidak sedikit orang yang meremehkan manfaat mengkonsumsi air putih. Padahal meminum air putih sebenarnya penting. Berbagai manfaat bisa kita peroleh misalnya seperti mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan serta kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh hingga mendukung otot dan sendi.

Air Putih Bebas Kandungan Gula dan Kalori

Air putih berbeda dengan jenis minuman lainnya. Minuman lain seperti soft drink memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu kenaikan berat badan. Demikian pula dengan minuman berenergi yang mengandung kafein dan gula berlebih.

Tidak seperti beberapa jenis minuman tersebut, air putih bebas akan kandungan kalori dan gula, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh, selain bisa mengatasi rasa haus tentunya.

Kebutuhan Rata-rata Air Per Hari

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Konsumsi air putih pada orang dewasa disarankan sebanyak delapan gelas dengan ukuran 230 ml per hari, atau kurang lebih sekitar 2 liter.

Kebutuhan cairan dalam tubuh memang tidak hanya dipenuhi dari minuman saja. Beberapa jenis makanan pun dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sebanyak 20%, misalnya diperoleh dari buah dan sayur seperti bayam, semangka, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda Dehidrasi

Saat seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya, biasanya hal ini dapat dilihat dari warna urine yang lebih gelap. Selain itu rasa haus pun akan muncul karena tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Gejala lain pun akan muncul, misalnya seperti pusing, sakit kepala, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kekurangan energi, lelah, serta rasa kering pada mulut, bibir, juga mata.

Biasakan Rutin Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan air pada tubuh sangat lah penting. Karenanya, Anda bisa mencoba untuk membiasakan meminum air putih, misalnya saja pada waktu makan atau saat mengkonsumsi camilan. Selalu sediakan pula segelas air atau botol minum berisi air pada meja kerja juga di dalam tas yang bisa selalu dibawa saat sedang beraktivitas.

Jika tidak terlalu suka dengan air putih, Sobat Sehat juga bisa menambahkan rasa dengan memberikan irisan buah seperti saat membuat infused water. Minum air putih secara rutin setiap hari dan jangan lupa imbangi dengan pola hidup yang sehat.

Source:

Alodokter.com