STRESS MENYEBABKAN RAMBUT BERUBAN, BENARKAH?

Beberapa orang mengalami rambut beruban saat berusia muda. Hal ini dianggap sebagai salah satu tanda jika mereka mengalami stress. Tapi, apakah stress memang menyebabkan rambut beruban?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli yang berasal dari Amerika Serikat dan Brasil menemukan fakta jika stress memang dapat mempengaruhi kemampuan rambut untuk berubah warna dan memutih.

Penelitian ini memang baru dilakukan dengan tikus percobaan. Namun temuan dalam penelitian ini mengungkap fakta jika stem cell yang mengendalikan warna kulit dan rambut pada tubuh dapat rusak jika sering terpapar stress. Stress dapat membuat tikus mengeluarkan hormon kortisol serta adrenalin dalam jumlah banyak. Dampaknya, denyut jantung dan tekanan darah pun meningkat secara siginifikan. Hal ini akan mempengaruhi kinerja stem cell yang mempengaruhi warna rambut berubah lebih cerah. Artinya, stress dinilai dapat membuat rambut beruban.

Mencegah Uban di Usia Muda

Umumnya, pria dan wanita mulai mengalami kondisi rambut beruban saat memasuki usia 30-an. Hal ini disebabkan bukan hanya karena masalah genetik saja namun stress pun juga merupakan faktor terbesar pada munculnya uban ini.

Munculnya uban pada usia muda ternyata berdampak pada penurunan rasa percaya diri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghambat perkembangannya di usia muda, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain bisa memberikan energi bagi tubuh dan dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit, mengkonsumsi makanan bergizi pun bisa mencegah masalah rambut beruban di usia muda. Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga bisa memastikan warna dan kesehatan rambut terjaga.

2. Mengendalikan Stress

Stress dinilai dapat membuat rambut lebih mudah beruban. Karenanya, pastikan Sobat Sehat mengendalikan stress dengan baik. Misalnya dengan sering menyempatkan diri untuk bersantai, liburan, ataupun sekadar bersenang-senang dengan orang-orang terdekat. Mengendalikan stress ini pun dapat dilakukan dengan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas setiap malam atau dengan rutin berolahraga.

3. Hindari Asap Rokok

Asap rokok juga dianggap sebagai salah satu faktor penyebab masalah rambut beruban. Rupanya, bukan hanya para perokok aktif saja tapi para perokok pasif pun juga bisa mengalaminya. Hal ini disebabkan karena kandungan racun dalam asap rokok yang dapat merusak pigmen rambut. Bahkan tidak sedikit perokok aktif yang juga mengalami masalah rambut rontok dan masalah rambut lainnya.

Stress memang dapat menyebabkan rambut lebih cepat beruban. Namun jika beberapa langkah tersebut sudah dilakukan dan rambut beruban masih saja membuat tidak percaya diri terhadap penampilan, tidak ada salahnya jika Sobat Sehat meminta saran dari para ahli rambut.

Sumber: doktersehat.com