TIPS JAGA KESEHATAN SAAT CUACA GAK MENENTU

Cuaca yang tidak menentu terkadang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Terkadang panas terasa menyengat, namun sedetik kemudian hujan deras menerpa. Perubahan cuaca yang tak terduga ini dapat berpengaruh pada sistem imun tubuh. Bukan hal yang tidak mungkin bila kekebalan tubuh Anda menjadi melemah karena perubahan cuaca. Banyak jenis penyakit yang dapat menyerang karena perubahan cuaca, seperti flu, batuk, bahkan hingga demam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan asupan gizi agar kekebalan tubuh tidak menurun. Berikut ini adalah beberapa jenis zat yang wajib dikonsumsi saat cuaca tak menentu.

Vitamin C

Seperti yang telah kita ketahui, vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang wajib dikonsumsi oleh manusia. Setiap harinya, tubuh kita membutuhkan setidaknya 75 mg untuk perempuan dan 90 mg vitamin C untuk lelaki dewasa. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Bila kebutuhan vitamin C terpenuhi, manfaat yang diperoleh tubuh pun akan maksimal. Untuk memperoleh vitamin C, Anda dapat mengonsumsi sayur atau buah yang berwarna oranye atau kuning. Kebutuhan vitamin C dapat meningkat ketika sakit atau terserang infeksi ringan.

Vitamin B Kompleks

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh. Vitamin B sebenarnya memiliki fungsi untuk mendukung sistem saraf tubuh. Bila asupan vitamin B yag diperlukan tubuh terpenuhi, maka tubuh pun akan menjadi lebih optimal serta fit dalam menjalani aktivitas. Agar kebutuhan vitamin B kompleks terpenuhi, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan protein yang seimbang, seperti protein hewani dan nabati.

Vitamin E

Vitamin yang satu ini juga tak kalah penting bila dibandingkan dua vitamin sebelumnya. Vitamin E memang sering dikenal sebagai salah satu vitamin yang berperan besar untuk kesehatan kulit. Namun, tak hanya untuk kesehatan kulit, vitamin E ternyata juga berperan besar untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ya, tentu saja karena kandungan antioksidan dalam vitamin E yang teramat tinggi. Oleh karenanya vitamin E dapat membantu tubuh untuk melawan paparan radikal bebas. Nah, untuk memperoleh vitamin E yang cukup, sudah semestinya Anda mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kedelai, maupun kecambah. Brokoli juga bisa dipilih sebagai sumber vitamin E, lho! 


Sumber: Doktersehat.com