GEJALA PADA ANAK YANG WAJIB DIWASPADAI

Setiap ibu tentu akan merasa sedih saat bayinya rewel atau sakit. Ketahanan tubuh bayi tentu belum sempurna dan tidak seperti orang dewasa. Padahal, gejala yang terjadi pada bayi sulit untuk dideteksi karena bayi belum bisa menyampaikan apa yang ia rasakan. Ia hanya bisa menangis apabila merasa kesakitan. Oleh karena itu, seorang ibu dituntut untuk peka dalam mengenali gejala penyakit yang dialami oleh bayinya. Meskipun demikian, ada beberapa gejala yang terlewat oleh ibu dan menjadi terabaikan. Apa saja?

Demam

Bila demam terjadi pada orang dewasa, mungkin ia akan mengabaikannya sebelum benar-benar parah. Namun, bila terjadi pada bayi, sama sekali tidak boleh diabaikan, apalagi bila bayi masih berusia kurang dari 4 bulan. Pastikan untuk segera membawanya ke dokter bila suhu tubuh bayi mencapai 38 derajat celcius.

Sesak Napas

Kesehatan bayi juga dapat dideteksi dari napasnya. Ketika bayi Anda mengalami sesak napas atau bernapasnya tersengal, tentu kondisi ini wajib diwaspadai. Pastikan juga untuk melihat warna kulitnya saat bayi terlihat sulit bernapas. Sesak napas bisa menjadi tanda beberapa penyakit, seperti asma, pneumonia, atau bronkitis.

Muntah Berwarna Hijau/Kuning

Mungkin bayi Anda sering gumoh sehingga Anda sudah terbiasa. Namun, ketika bayi muntah dan muntahnya berwarna hijau atau kuning, sebaiknya Anda segera mewaspadainya. Muntah yang berwarna hijau dan kuning dapat menjadi penanda usus yang tersumbat dan beberapa penyakit serius lainnya.

Bibir Berwarna Biru

Bibir yang berwarna kebiruan menjadi penanda bahwa bayi Anda memiliki penyakit jantung, asma, atau radang paru-paru. Bisa juga menjadi tanda bahwa bayi Anda kelelahan atau gejala neurologis lainnya.

Terlalu Banyak Minum

Bila Anda sering memberikan minum kepada bayi, sebaiknya hal ini harus diwaspadai. Bayi yang terus menerus haus merupakan gejala diabetes tipe 1. Pastikan untuk membicarakan hal tersebut dengan dokter spesialis anak.

Berdarah

Tak diragukan lagi, bila bayi berdarah tentu Anda akan merasa khawatir. Bayi yang berdarah adalah indikasi untuk segera membawa ke dokter agar mendapat pertolongan pertama serta dapat dicek apabila ada kondisi lain yang mengganggu.

Buang Air Kecil

Saat bayi buang air kecil, sebaiknya Anda mengecek apakah ada yang lain pada air seninya. Bila air seninya bercampur dengan darah atau nanah, bisa jadi bayi Anda mengalami infeksi saluran kencing.

Berat Badan Berkurang

Berat badan bayi yang berkurang hingga 7% adalah indikasi bahwa Anda harus waspada. Tunggulah selama seminggu untuk mengetahui apakah berat tersebut akan kembali atau tidak. Jika tidak, pastikan untuk segera konsultasi ke dokter karena hal tersebut dapat menjadi indikator masalah kesehatan yang parah.


Sumber: Tribunnews.com