KEBIASAAN NYALAIN KIPAS ANGIN SAAT TIDUR, TERNYATA BERBAHAYA YA!

Bagi penduduk di area tropis seperti Indonesia, sudah bukan hal yang aneh lagi bila udara terasa panas bahkan saat malam hari. Cuaca yang panas di Indonesia membuat banyak penduduk Indonesia memilih untuk menyalakan kipas angin selama tidur di malam hari. Tak jarang kipas angin tersebut terus menyala hingga pagi tiba. Meskipun sudah menjadi hal yang biasa terjadi di Indonesia, sebenarnya menyalakan kipas angin semalaman saat tidur dapat berbahaya lho! Apa saja bahayanya?

Meningkatkan Risiko Alergi dan Asma

Sebagian besar orang mungkin memiliki alergi maupun asma. Menyalakan kipas angin semalaman dapat memperburuk keadaan tubuh. Asma dan alergi pun dapat kambuh sewaktu-waktu.

Membuat Kulit Terasa Kering

Diterpa angin secara terus menerus akan membuat kulit menjadi lebih mudah kering. Oleh karenanya menyalakan kipas angin semalaman tidak akan baik untuk kesehatan kulit.

Menyebabkan Iritasi Mata

Mungkin Anda memiliki kebiasaan tidur dengan mata setengah terbuka. Bila Anda menyalakan kipas angin semalam suntuk, akan sangat berpengaruh pada mata karena dapat berakibat mata kering dan iritasi.

Tenggorokan dan Mulut Kering

Hal yang sama dapat terjadi pada tenggorokan dan mulut juga karena angin yang menerpa Anda dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terasa kering. Segelas air minum sebelum tidur tidak akan membantu menghidrasi.

Otot Kaku

Setelah semalaman tidur dengan kipas angin yang menyala, saat terbangun Anda akan merasakan tubuh kaku dan sulit bergerak. Hal ini terjadi karena otot-otot pada tubuh yang menjadi kaku setelah terkena hembusan angin selama semalam suntuk.


Sumber: Tribunnews.com