KECERDASAN JADI MENURUN KARENA HAL SEPELE YANG SATU INI

Pagi hari selalu menjadi waktu yang sibuk di rumah. Setiap orang bersiap-siap untuk memulai aktivitasnya. Orangtua harus bersiap bekerja, sementara anak harus bersiap ke sekolah. Kesibukan di pagi hari tersebut sering membuat Anda melupakan sarapan. Sarapan dianggap kurang penting dan bisa dilewatkan begitu saja. Apakah Anda termasuk orang yang jarang sarapan? Jika iya, Anda rugi besar lho!

Banyak orang yang sering melewatkan sarapan setiap pagi karena terburu-buru. Hal ini tentu sangat salah karena sarapan memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh maupun otak, terlebih untuk anak-anak. Apa saja manfaat sarapan?

Sejak zaman dahulu, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa sarapan bisa membantu meningkatkan fokus belajar pada anak. Fakta ini diamini oleh Dr. Arif Satria, Dekan Fakultas Ekologi Manusia dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau berkata bahwa orang yang tidak sarapan cenderung mengalami penurunan kualitas pikiran, yang berpengaruh pada kemampuan matematika serta menjadi cepat mengantuk.

Guru Besar Gizi Masyarakat dari institut yang sama juga menambahkan bahwa sarapan adalah sumber energi otak di pagi hari agar dapat bekerja dengan baik. Artinya, bila Anda melewatkan sarapan, Anda juga menghilangkan sumber energi bagi otak Anda. Akibatnya tentu Anda menjadi tidak bisa optimal saat beraktivitas seharian dan mudah hilang fokus.

Oleh karenanya, pastikan Anda memenuhi kebutuhan sarapan baik untuk diri Anda sendiri maupun keluarga. Sarapan yang tepat adalah yang memenuhi kebutuhan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta, mineral. Dengan begitu, aktivitas selama seharian pun akan berjalan dengan lancar.



Source: Kompas.com