YUK TINGKATKAN KECERDASAN BAYI SEJAK DARI KANDUNGAN

Saat hamil, tentunya ada banyak jenis makanan yang ingin Anda konsumsi terlebih bila Anda mengidam. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, nantinya juga akan menjadi nutrisi bagi janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi agar janin memperoleh asupan nutrisi yang tepat. Perlu diketahui, kecerdasan anak dapat dipicu sejak masih dalam kandungan. Bila Anda ingin bayi Anda terlahir cerdas, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti di bawah ini.

Perbanyak Asupan Vitamin

Menambah jumlah vitamin dalam tubuh ternyata sangat penting bagi perkembangan janin Anda. Anda harus memastikan bahwa setiap makanan yang Anda konsumsi mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin B12, vitamin C, vitamin D, atau zinc. Setiap jenis vitamin sangat berguna terhadap perkembangan janin Anda. Jadi, jangan sampai Anda melewatkannya.

Dapatkan Omega 3 dari Ikan

Selain vitamin, Omega 3 juga sangat penting karena dapat merangsang pertumbuhan otak pada janin Anda. Hal ini sudah terbukti dari penelitina yang diadakan oleh Harvard Medical School. Semakin banyak ikan yang dikonsumsi ibu hamil pada trimester kedua, semakin tinggi pula skor yang didapatkan pada tes perkembangan mental pada bayi saat usianya mencapai 6 bulan. Saat mengkonsumsi ikan, pastikan ikan yang Anda pilih terbebas dari merkuri. Anda bisa memilih salmon, lele atau udang. Jika Anda ternyata alergi terhadap ikan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan pengganti yang dapat memenuhi asupan omega 3 untuk janin Anda.

Perkaya Antioksidan 

Antioksidan juga sangat penting untuk bayi karena dapat melindungi sel otak dari kerusakan. Antioksidan bisa diperoleh dari konsumsi sayur dan buah buahan. Namun, yang paling utama tentunya adalah sayuran berdaun hijau. Untuk buah, Anda bisa memilih anggur, pepaya, blueberry, atau tomat. Jangan lupa untuk mencuci buah maupun sayuran Anda hingga bersih agar terbebas dari pestisida atau zat beracun lainnya.

Meskipun Anda harus mengkonsumsi banyak jenis nutrisi, bukan berarti Anda boleh memakan semua jenis makanan hingga berat badan membengkak. Ketika berat badan Anda di atas normal, ada kemungkinan bayi Anda akan terlahir prematur. Tentunya bayi yang lahir prematur akan memiliki banyak faktor resiko yang tidak Anda inginkan. Jadi, makanlah dengan tepat dan jangan lupa konsultasikan semua makanan yang Anda makan dengan dokter kandungan Anda.