PENYAKIT YANG BIKIN VAGINA TERASA GATAL

Area vagina adalah area yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Karena area vagina terasa lembab, maka tak jarang bila muncul rasa gatal atau bintil-bintil yang membuat rasa tidak nyaman. Mungkin Anda merasa khawatir bila muncul bintil-bintil yang gatal di area vagina. Ada beberapa penyakit pada vagina yang ditandai dengan bintil-bintil yang gatal. Apa saja ya?

Kandidiasis

Yang pertama adalah penyakit kandidiasis atau infeksi jamur. Bila Anda terserang penyakit ini, vagina akan terasa gatal dan membengkak. Selain itu, terdapat pula butiran putih pada cairan yang diproduksi vagina. Rasa gatal akibat infeksi jamur pada vagina juga disertai dengan pembengkakan dan nyeri ketika digaruk.

Trikomoniasis

Kedua, Trikomoniasis. Penyakit ini membuat vulva menjadi terasa gatal berlebihan dan terasa sakit saat buang air kecil. Selain itu, cairan vagina pun berwarna kuning tua atau kehijauan.

Kutu Kemaluan

Selanjutnya adalah kutu kemaluan. Kutu kemaluan bisa bersarang di akar rambut kemaluan sehingga menyebabkan rasa gatal yang amat kuat dan muncul ketombe putih di akar rambut kemaluan.

Scabies

Terakhir adalah scabies. Scabies membuat area vagina terasa gatal dan muncul bintil seperti beras. Hal ini disebabkan tungau yang bersarang di area vagina. Penyebabnya adalah celana dalam dan sprei yang tidak bersih.