4 LANGKAH UNTUK PELIHARA KESEHATAN MATA

Mata adalah anugerah dari Tuhan yang sudah semestinya Anda jaga dengan baik. Bila mata bermasalah, bisa dipastikan bahwa Anda tidak bisa melihat hal-hal yang indah dengan jelas. Tentunya hal ini sangat disayangkan karena di dunia ini banyak sekali hal indah yang harus Anda saksikan sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata.

Konsumsi Makanan Sehat

Hal pertama yang wajib Anda lakukan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, ada banyak nutrisi lain yang diperlukan agar mata tetap sehat, seperti omega 3, zinc, vitamin C, serta vitamin E. Berbagai nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengisi piring Anda dengan berbagai jenis makanan seperti sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, atau sumber protein lainnya. Selain itu perbanyak makan jeruk atau buah sitrus lainnya. Selain menjaga kesehatan mata, menu tersebut juga akan membantu Anda untuk menghindari obesitas serta diabetes.

Stop Merokok

Selanjutnya, apabila Anda merokok, sudah semestinya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Kebiasaan merokok bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Bagi mereka yang menjadi perokok aktif, kemungkinan untuk terserang katarak akan jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak merokok. Jadi, sebelum terlambat, segera jauhi rokok agar mata serta paru-paru tidak terganggu.

Alihkan Pandangan dari Komputer

Bagi yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di depan komputer, kesehatan mata menjadi sangat penting. Tidak baik untuk terus menerus menatap layar komputer tanpa istirahat selama berjam-jam. Agar kesehatan mata tetap terjaga, pastikan untuk selalu mengistirahatkan mata setiap 20 menit. Setelah menatap komputer selama 2 jam, Anda harus bangun dan berjalan-jalan agar mata dapat beristirahat setidaknya selama 15 menit. Atur juga tinggi monitor sehingga sejajar dengan mata sehingga mata tidak perlu berusaha keras untuk melihat ke monitor. Cara tersebut dipercaya dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata.

Pakai Kacamata

Sama halnya dengan kulit, mata Anda juga butuh perlindungan dari sinar ultraviolet. Mata yang terpapar sinar ultraviolet semakin beresiko untuk terserang katarak. Oleh karena itu, saat sedang beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik, ada baiknya Anda menggunakan kacamata hitam yang bisa membantu untuk menangkal sinar ultra violet. Jangan sampai mata Anda menatap matahari secara langsung karena sangat berbahaya

Setelah mengetahui cara yang tepat untuk merawat kesehatan mata, sudah semestinya Anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada baiknya juga bila Anda mengecek kesehatan mata dengan jadwal yang ditentukan. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol kondisi mata Anda.