DUH, LUPA MINUM ANTIBIOTIK! HARUS GIMANA YA?

Saat sakit, mungkin dokter Anda pernah meresepkan antibiotik yang harus diminum sampai habis dan tidak boleh terlewat satu kali pun. Namun, ada kalanya kegiatan Anda begitu banyak hingga Anda lupa meminum antibiotik. Saat hal ini terjadi, mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang seharusnya dilakukan? Haruskah minum 2 butir di jadwal minum antibiotik selanjutnya? Ataukah mengulang jadwal dari awal? Hmm, daripada bingung lebih baik Anda cek dulu fakta tentang antibiotik berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan antibiotik?

Antibiotik sebenarnya adalah jenis obat yang berguna untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Cara kerja antibiotik adalah menyerang bakteri yang menyebabkan infeksi pada tubuh sehingga tidak dapat tumbuh dan berkembang. Meskipun antibiotik cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, obat yang satu ini tidak akan berfungsi bila digunakan pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Bagi Anda yang terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, lebih baik Anda tidak meminum antibiotik. Karena, bukannya sembuh, tubuh Anda bisa jadi justru kebal terhadap antibiotik. Akibatnya, ketika penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri menyerang, antibiotik tidak akan mampu membunuh bakteri yang berkembang di tubuh Anda.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat kelupaan minum antibiotik?

Biasanya, antibiotik diminum sebanyak satu hingga empat kali per hari. Bila Anda lupa minum satu dosis, bukan berarti Anda harus minum dua butir pada waktu minum selanjutnya. Saat teringat, ada baiknya Anda langsung minum dosis yang terlupa. Bila saat teringat dosisnya ternyata sudah mendekati waktu minum selanjutnya, maka Anda tidak perlu meminum dua kali. Cukup satu kali saja. Meminum antibiotik dengan dosis berlebih dapat meningkatkan resiko efek samping pada penyakit Anda.

Bila ternyata Anda lupa minum beberapa dosis antibiotik, Anda tidak boleh menunda untuk mengunjungi dokter. Seperti yang kita ketahui, antibiotik seharusnya diminum secara terjadwal dan sampai habis meskipun Anda merasa sudah tidak sakit lagi. Jika ternyata Anda lupa meminum beberapa dosis antibiotik, segera temui dokter Anda untuk mendiskusikan solusi yang tepat bagi Anda.

Bagaimana caranya agar tidak lupa meminum antibiotik?

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak terlupa minum antibiotik, yaitu:

  • Jadwalkan minum antibiotik setelah Anda melakukan suatu kegiatan, seperti setiap setelah makan. Dengan demikian, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika selesai melakukan kegiatan tersebut.

  • Buat catatan di smartphone atau notes Anda setelah meminum antibiotik agar Anda tahu apakah sudah meminumnya atau belum.

  • Terakhir, atur alarm di handphone Anda sesuai dengan jadwal minum antibiotik Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan terlupa lagi. 


Sumber: NHS.uk