TERAPKAN DASH UNTUK TURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Akhir-akhir ini, ada banyak kasus pasien yang kolaps karena tekanan darah yang meningkat drastis. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan, apalagi bagi mereka yang tadinya bertekanan darah normal. Sebenarnya, ada banyak penyebab tekanan darah tinggi yang dapat Anda lihat dari keseharian Anda. Ketika sudah divonis bertekanan darah tinggi, ada baiknya Anda mulai melakukan penanggulangan agar tekanan darah Anda kembali normal dan stabil. Bagaimana caranya?

Saat ini, bagi penderita tekanan darah tinggi, telah dikenalkan metode diet yang disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) atau pendekatan diet untuk menghentikan tekanan darah tinggi. Banyak ahli yang setuju bahwa diet yang satu ini dianggap aman dan efektif untuk mengontrol tekanan darah. Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah, MS, juga meyakini bahwa diet alami yang satu ini dapat membantu pasien dengan tekanan darah tinggi, kolesterol, serta gula darah.

Mengatur Asupan Kalori

Pada dasarnya, Diet DASH mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dalam sehari, manusia membutuhkan 2000-2200 kalori per hari. Kalori tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti buah, sayuran, susu bebas lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, maupun unggas. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi Anda untuk memutuskan menu yang baik untuk Anda agar kebutuhan kalori terpenuhi.

Kurangi Garam dan Gula

Selain memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh, diet DASH juga mengharuskan Anda untuk menjaga kadar sodium dan natrium dalam tubuh agar tekanan darah tidak meningkat. Oleh karenanya, asupan garam dan gula harus dibatasi. Setiap harinya Anda hanya boleh mengkonsumsi garam maksimal 2300 mg per hari. Gula juga harus dibatasi karena mengandung kalori yang tinggi.

Olahraga Rutin Setengah Jam Saja

Satu lagi hal yang harus dilakukan agar diet DASH Anda berhasil adalah olahraga. Tidak ada diet yang berhasil apabila tidak diimbangi dengan olahraga. Jika Anda memilih diet DASH untuk mengontrol tekanan darah, Anda bisa melakukan olaharaga ringan yang rutin dilakukan pada jam yang sama selama 30 menit setiap harinya. Namun, bila Anda memilih diet ini untuk menurunkan berat badan, Anda bisa menambah waktu olahraga menjadi 60 menit. Selain baik untuk mengontrol tekanan darah, rajin berolahraga juga akan mencegah Anda terserang penyakit kanker dan jantung.