KORBAN PATAH TULANG DI DEPAN MATA, LAKUKAN HAL BERIKUT INI!

Ada kalanya kita terlibat dalam suatu kecelakaan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya. Saat Anda sedang dalam perjalanan, bisa saja kendaraan yang Anda tumpangi mengalami kecelakaan hingga Anda atau relasi Anda menjadi korbannya. Di antara semua luka akibat kecelakaan, salah satu yang paling mengerikan adalah patah tulang. Tentunya saat melihat anggota keluarga yang tulangnya patah, Anda ingin melakukan sesuatu untuk menolongnya. Namun, ternyata patah tulang tidak bisa sembarangan ditolong. Lalu, bagaimanakah langkah yang tepat untuk menolong korban patah tulang?

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah Anda tidak diperkenankan untuk memindahkan korban yang tulangnya patah. Jika salah menggeser, bisa jadi Anda justru menambah luka yang ada pada tubuh korban. Yang paling penting yang harus Anda lakukan adalah menelpon ambulans. Tentunya akan memakan sedikit waktu hingga ambulans datang. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

Hentikan Pendarahan

Perhatikan berbagai luka di tubuh korban. Pastikan bahwa tidak ada luka atau tulang lain yang patah. Apabila ada luka, segera hentikan pendarahannya dengan menekan sumber darah dengan perban yang steril. Apabila tidak ditemukan perban, Anda bisa menggunakan baju atau kain yang bersih.

Kurangi Gerakan Pada Tulang yang Patah

Sebaiknya, Anda tidak mencoba untuk menggeser bagian tulang yang patah ataupun sekedar menekannya. Rasa sakitnya sangat tak tertahankan bagi korban. Bila Anda sudah pernah mengikuti pelatihan sebelumnya, ada baiknya Anda mengikatkan sebilah kayu pada bagian atas dan bawah tulang yang patah. Dengan demikian, Anda bisa membantu mengurangi pergerakan yang bisa berakibat lebih fatal pada tulang. Agar lebih nyaman, Anda juga bisa menambahkan bantalan agar terasa lebih nyaman.

Kompres Luka dengan Es

Mengompres luka dengan es dianggap sangat membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menempelkan es untuk mengompres luka di sekitar tulang yang patah. Namun, harus diingat bahwa Anda harus membungkus es dengan kain terlebih dahulu agar menghindari es menempel langsung pada luka.

Bantu Korban Mengurangi Shock

Seringkali korban kecelakaan mengalami shock yang membuatnya susah bernapas atau lemas. Selagi menunggu ambulans datang, ada baiknya Anda membantu menenangkan korban yang shock dengan merebahkannya. Posisi kepala sebisa mungkin lebih rendah dari badan, dan jika memungkinkan Anda juga bisa mengangkat kakinya. Dengan demikian, darah dapat mengalir ke otak dengan lebih lancar dan memungkinkan korban untuk bernapas lebih lancar.


Sumber: Mayoclinic.org