DETEKSI KESEHATANMU DENGAN MELIHAT KAKI!

Banyak yang tak mengira bahwa kaki bisa jadi petunjuk kondisi kesehatan anda. Jika diamati dengan benar kaki manusia bisa jadi indikator masalah kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat dideteksi diantaranya diabetes hingga penyakit kekurangan gizi atau nutrisi untuk tubuh. Berikut beberapa tanda pada kaki yang perlu anda ketahui :

1. Jari mati rasa

Tanyakan pada diri anda, apakah pernah mengalami kondisi jari-jari di kaki begitu dingin atau mati rasa ? Tanda ini menunjukkan anda mempunyai masalah sirkulasi vaskulat. Pada kaki dingin disebabkan faktor lingkungan yang relatif dingin. Salah satu penyakit yang menyebabkan kaki dingin adalah penyakit Raynaud, dan biasa dialami oleh wanita. Untuk mengatasinya anda dapat konsultasi ke dokter dan sering melakukan pencegahan dengan cara memakai sarung tangan dan kaus kaki tebal jika dalam lingkungan yang dingin agar tidak terkena radang dingin.

2. Kesemutan 

Kesemutan pasti sangat sering dialami seluruh orang didunia, tetapi kondisi ini dapat menjadi tanda adanya kerusakan saraf karena cedera traumatik, infeksi atau virus dan penyakit seperti diabetes. 

3. Kuku rapuh dah pecah

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa kuku jari terbuat dari laposan protein yang disebut keratin. Tetapi jarang sekali orang memiliki kuku yang sehat. Kondisi kuku rapuh dan mudah pecah menunjukkan rendahnya kadar zinyc dan zat besi sehingga terkena anemia. Keadaan kuku kai seperti itu dapat menunjukkan kelainan tiroid dan endokrin.


Sumber : Detik.com