MANA YANG LEBIH BAIK DI PAGI HARI, SUSU ATAU JUS JERUK?

Memulai aktivitas di pagi hari, banyak orang memiliki sarapan tersendiri, salah duanya adalah antara minum susu atau jus jeruk. Padahal kedua minuman ini menuai pro dan kontra. Women's Health melansir kelebihan dan kekurangan keduanya, di antaranya :

Jus Jeruk

Dalam satu gelas jus jeruk hanya memiliki kandungan 110 kalori, dan akan menyuplai kebutuhan Vitamin C harian untuk tubuh. Jus jeruk juga mengandung antioksidan yang kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan polusi udara. Selanjutnya adalah minusnya jus jeruk, yaitu dapat merusak enamel gigi jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Riset dilakukan oleh Yanfeng Ren, DDS, PhD, profesor di University of Rochester Eastman Institute for Oral Health bahwa jus jeruk dapat mengikis enamel gigi hingga 84%, setelah diminum setiap hari selama lima hari.

Susu

Satu gelas susu dapat memasok 20 % protein untuk tubuh setiap satu hari dan sepertiga kebutuhan kalsium harian. Studi baru menemukan bahwa, minum susu di pagi hari membuat rasa kenyang di siang hari, otomatis pada makan siang hari akan lebih sedikit, hal ini dikarenakan respon dari protein dalam tubuh. Kelemahan dari susu adalah lemak jenuh yang memunculkan penyakit kardiovaskular dan sangat mendukung penyakit efek obesitas seperti diabetes, kecuali sobat sehat meminum susu bebas lemak.

Jadi, mana yang akan Anda pilih? Jus jeruk atau susu?


Sumber : liputan6.com