INI DIA PENYEBAB SABU WAJIB DIHINDARI

Mungkin Anda sering mendengar jenis obat terlarang sabu atau methamphetamine melalui berita yang ada di media. Namun, mungkin Anda sendiri belum memahami akibatnya bukan? Berikut ini adalah beberapa akibat penggunaan sabu pada manusia.

Methamphetamine atau Sabu merupakan stimulan yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat. Methamphetamine berwarna putih, tidak berbau, terasa pahit dan berwujud serbuk kristal yang mudah larut dalam ar atau alkohol, biasanya ditelan, dihisap melalui hidung, di suntik atau dibakar seperti rokok. Berbagai efek berbahaya dapat ditimbulakan pada otal dan tubuh.

Efek pada otak

Methamphetamine atau Sabu dapat merubah fungsi otak sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan motorik dan kemampuan berkomunikasi, pada tahap akut bahkan terjadi kerusakan otak yang menyebabkan rusaknya daya ingat dan emosi yang mengakibatkan pecandu kesulitan berpikir dan kekacauan emosi. Beberapa efek samping tersebut juga akan ada walaupun setelah menggunakan.

Efek Pada Tubuh

Menggunakan sedikit saja Methamphetamine dapat menyebabkan beberapa gejala, diantaranya meningkatnya stamina, turunnya nafsu makan, peningkatan detak jantung, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi dan merasa kepanasan. Dalam jangka panjang, methamphetamine dapat menyebabkan kerusakan gigi parah, kecemasan,kebingungan, insomnia, gangguan mood, dan perilaku kasar, bagi pecandu berat akan menunjukan gejala gangguan kejiwaan antara lain paranoid, halusinasi dan delusi. Bahaya penyakit menular seperti HIV/AIDS sangat rentan bagi para pecandu.

Sumber : detik.com, cosmobikers.com