CEK KANDUNGAN LOTIONMU! YANG MENGANDUNG INI PICU KANKER KULIT LHO!

Sebagian besar perempuan tentu menggunakan lotion agar kulitnya tidak kering. Lotion memang menjadi salah satu pilihan perawatan kulit yang tidak dapat ditinggalkan, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Namun, ternyata tidak semua kandungan dalam lotion baik untuk kulit lho. Ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari bila Anda ingin kulit Anda tetap sehat. Apa saja?

Butylated Hydraxyanisole

Yang pertama adalah BHA atau Butylated Hydroxyanisole. Banyak produk yang mengklaim kandungan BHA dalam produknya berfungsi sebagai pengawet penstabil, antioksidan, dan juga pewangi. Namun, National Toxicology Program justru mengungkap bahwa penggunaan BHA pada body lotion dapat mengganggu sistem endokrin, yang artinya dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, sebaiknya hentikan pemakaian lotion yang mengandung BHA.

Diethy Phthalate

Diethyl Phthalate juga merupakan salah satu zat kimia yang harus dihindari. Zat yang satu ini merupakan zat yang berfungsi untuk membuat lotion menjadi lebih wangi. Terkadang banyak perempuan yang merasa tertarik untuk membeli lotion yang memiliki wewangian manis atau lembut. Padahal, beberapa jenis produk kecantikan menggunakan Diethyl Phthalate yang bisa menimbulkan berbagai wewangian. Efek buruk yang ditimbulkan zat tersebut bagi tubuh adalah membuat rentan terkena alergi dan asma karena memancarkan VOC atau vatalite organic compounds yang mudah mencemari udara.

DMD Hydantoin

Meskipun tidak banyak yang menggunakannya, masih ada produk lotion yang mengandung DMD Hydantoin. Jenis zat kimia yang satu ini merupakan bahan pengawet yang banyak digunakan di produk kosmetik seperti cat kuku, lem bulu mata, sabun, maupun gel rambut. Bila lotion mengandung DMD Hydantoin, risiko ruam kulit dan iritasi mata pun mungkin terjadi. Tak hanya itu, risiko alergi pada kulit dan kanker pun juga akan meningkat.

Retinil Palmitat

Selain lotion, tabir surya juga merupakan salah satu produk perawatan kulit yang disukai oleh perempuan. Ada banyak jenis tabir surya yang dapat digunakan. Namun, ada jenis tabir surya yang harus dihindari, yaitu yang mengandung Retinil Palmitat. Pada sebuah penelitian oleh National Toxicology Program, tikus yang diolesi retinil palmitat ternyata mengembangkan tumor saat terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, tabir surya yang mengandung bahan ini sebaiknya tidak digunakan. Bila ada lotion yang mengandung bahan jenis ini, sebaiknya dipakai di malam hari agar risiko kanker tidak meningkat.

Triethanolamine

Triethanolamine juga merupakan zat kimia yang sebaiknya dihindari. Terkadang, bahan kimia ini digunakan untuk menyeimbangkan pH dalam produk kosmetik. Zat ini dapat ditemukan di berbagai produk kosmestik seperti lotion dan maskara. Meskipun banyak produk yang menggunakan Triethanolamine, sebenarnya produk ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena dapat mengiritasi kulit dan meracuni sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, bila produk kosmetik yang Anda pakai mengandung zat ini, sebaiknya jangan digunakan dalam jangka panjang.


Sumber: Hellosehat.com