PENTINGNYA PAKAI SUNSCREEN DI NEGARA TROPIS

Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, penduduk Indonesia tentu sudah kenyang dengan siraman matahari sepanjang tahun. Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet atau UV ternyata dapat berbahaya bagi kulit bila terus terusan terpapar. Oleh karena itu, penting bagi Anda, penduduk Indonesia, untuk selalu melindungi kulit dengan produk kesehatan kulit seperti sunscreen.

Kenapa Pakai Sunscreen?

Anda mungkin merasa kurang familiar dengan istilah sunscreen. Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar ultraviolet, baik UVA maupun UVB. Sinar UVA dapat menembus awan dan kaca, baik pada siang maupun malam hari. Kerusakan yang ditimbulkan adalah penuaan kulit sehingga cepat menyebabkan keriput dan juga flek hitam. Sementara itu, sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburnt. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan sunscreen agar kulit tetap sehat.

Bila Anda tak menggunakan sunscreen, ada beberapa dampak, baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang dapat terjadi pada kulit Anda.

Dalam jangka pendek, ketika terpapar sinar ultraviolet, kulit Anda akan terbakar, menggelap maupun menghitam dan juga kusam. Nah, bila paparannya berlangsung terus menerus dalam jangka panjang, akan terjadi penuaan kulit dini, kulit keriput, mengendur, muncul flek hitam, dan yang paling buruk adalah terserang kanker kulit.

Kapan Harus Pakai Sunscreen?

Sunscreen sebaiknya dipakai setiap 2 jam sekali. Sunscreen memang dikenal ampuh untuk menghalangi radiasi sinar ultraviolet agar tak menembus kulit. Nah, agar perlindungannya maksimal, maka pemakaiannya pun harus tetap diulang setiap 2 jam sekali. Bila Anda beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pemakaiannya lebih sering lagi.

Jenis sunscreen yang dipilih adalah yang memiliki minimal SPF 30. Aplikasikan sunscreen ke seluruh area yang tidak tertutup baju, mulai dari wajah, leher, lengan, hingga ke kaki. Bila Anda menggunakan makeup, maka pakailah sunscreen tepat sebelum makeup diaplikasikan. Pastikan untuk meratakan sunscreen ke seluruh bagian tubuh khususnya yang terbuka.