BAHAYANYA PERUT BEGAH SAAT HAMIL YANG HARUS SEGERA DIATASI

Ibu hamil, pernah nggak sih merasa nyeri di perut dan dada yang terasa sesak hingga perut terasa lebih keras dari biasanya? Selain itu, terjadi juga gangguan pencernaan yang membuat ibu hamil sering buang angin dan sendawa. Jika mengalami hal tersebut secara bersamaan, tandanya perut sedang begah.

Perut begah saat hamil memang terasa tidak nyaman dan tentu Anda ingin segera menyembuhkannya. Perut begah saat hamil terjadi karena adanya gas yang muncul di dalam perut selama masa kehamilan. Hal ini terjadi karena beberapa hal, seperti:

- Perubahan hormon progesteron

- Jenis makanan yang dikonsumsi serta cara memakannya

- Pembesaran rahim

- Sembelit

- Intoleransi Laktosa

- Efek konsumsi suplemen, dan

- stress yang berlebihan

Rasa begah dalam perut saat hamil memang terasa tidak nyaman, jadi harus segera diatasi ya!

Untuk mengatasinya, bisa dicoba mengkonsumsi air mineral yang cukup dan minumnya harus perlahan agar udara tidak masuk ke perut, kurangi makanan yang menghasilkan gas seperti kubis, brokoli, atau kembang kol, perbanyak makan buah dan sayur yang tinggi serat, lakukan latihan fisik ringan seperti jalan kaki agar tidak banyak gas yang tersimpan dalam tubuh. Satu lagi, pastikan untuk mengubah pola makan dari 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari, tapi dengan porsi yang lebih kecil.