NGGAK USAH TAKUT PIJAT BAYI, BERMANFAAT KOK!

Tentunya bagi para ibu yang memiliki bayi, kesehatan bayinya adalah hal yang utama. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan bayi adalah dengan rutin melakukan pijat bayi. Ternyata, memijat bayi memiliki banyak manfaat lho. Apa saja tuh?

Manfaat yang pertama adalah produksi ASI yang meningkat. Hal ini berkaitan dengan skin to skin contact antara ibu dan bayi saat pijat dilakukan. Produksi hormon oksitosin pada tubuh ibu akan meningkaat sehingga produksi ASI pun akan meningkat juga.

Selanjutnya, tentu saja kesehatan bayi akan terjaga. Sebab, dengan meningkatnya produksi ASI, maka kebutuhan nutrisi bayi pun akan terpenuhi juga. Pijatan pada bayi juga dapat meningkatkan nafsu makan sehingga resiko terserang penyakit pun juga rendah. Tak hanya itu, penelitian juga membuktikan bahwa pijat bayi yang dilakukan selama 15 menit setiap tiga hari sekali dapat meningkatkan berat badan bayi lho.

Terakhir, pijat bayi juga dapat mempererat ikatan bayi dengan orangtuanya, baik dengan ayah maupun dengan ibu. Oleh karena itu, ada baiknya bila orangtua bergiliran melakukan pijatan kepada bayinya sehingga perkembangan bayi dapat lebih optimal.

Jadi, jangan ragu untuk memijat bayi sesuai dengan prosedur maupun langkah yang tepat.