GORENGAN NGGAK BOLEH DIMAKAN LEBIH DARI JUMLAH INI LHO

Siapa yang tak kenal dan suka gorengan ? Masyarakat Indonesia tentunya sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Selain rasanya yang enak dan pas dijadikan camilan, baik saat ngobrol maupun aktivitas lainnya. Tetapi dibalik nikmatnya gorengan ini terdapat resiko terkena penyakit berbahaya seperti obesitas bagi yang sering mengkonsumsinya.

Pakar kesehatan gizi bernama Made Krisna Dewi, SGz menyebutkan bahwa di dalam gorengan, terdapat kolesterol dan lemak. Sebenarnya, dua kandungan ini juga dibutuhkan tubuh, khususnya bagi pembentukan energi dan proses yang berlangsung dalam otak. Sayangnya, karena dikonsumsi dengan berlebihan, maka kita akan mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dalam sepotong gorengan, ditemukan 1 sendok minyak, padahal batas maksimal konsumsi minyak untuk manusia adalah 6 sendok teh. Berarti diperlukan pembatasan konsumsi tidak sampai 6 potong dalam sehari. Jika konsumsi diluar anjuran diatas, maka bisa terkena peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah atau stroke. Hanya saja, ada baiknya kita juga memperhatikan minyak seperti apa yang dipakai oleh penjual gorengan saat memasaknya. Jika sampai gorengan dimasukkan dalam minyak yang sudah berulang kali digunakan, maka minyak ini mengandung racun dan bersifat karsinogen yang bisa memicu kanker.

Seram kan? Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi konsumsi gorengan ya mulai dari sekarang!


Sumber : doktersehat.com