MATI KONYOL KARENA MIRAS OPLOSAN, BAHAYA BANGET!

Karena terbatasnya peredaran minuman beralkohol di Indonesia, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menikmati minuman tersebut. Seperti yang telah diketahui, minuman beralkohol atau minuman keras dapat berdampak buruk bagi tubuh. Bukannya menghindari, banyak orang yang justru membuat oplosan minuman keras kreasi mereka sendiri agar merasakan sensasi mabuk. Namun, berbeda dari minuman beralkohol yang resmi, minuman keras oplosan memiliki berbagai dampak buruk karena efek sampingnya yang lebih berat. Hal ini disebabkan oleh berbagai unsur yang dicampur. Padahal berbagai unsur tersebut seharusnya bukan untuk diminum.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Ari Fahrial SYam, Sp.PD menyampaikan bahwa miras oplosan tidak bisa diprediksi efek sampingnya karena kandungan alkohol dan metanolnya juga tidak diketahui. Selain itu, jenis bahan yan dioplos pun tidak diketahui. Hal ini terjadi karena orang-orang menginginkan efek yang cepat saat meminum alkohol. Lalu, apa saja efek samping miras oplosan?

Bila dikonsumsi, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek yang segera dan jangka panjang. Efek yang segera atau akut bisa berupa rasa mabuk, atau bila sudah dalam  dapat membuat orang kehilangan kesadaran. Bila keracunan alkohol, seseorang akan muntah. Yang berbahaya adalah ketika sedang tidak sadarkan diri, bisa muntah kemudian masuk ke paru-paru. Bagi mereka yang minum miras oplosan, efeknya bisa muncul dalam waktu singkat sehingga dapat menyebabkan berhenti napas dan henti jantung.

Korban miras oplosan masih bisa diselamatkan bila segera dibawa ke rumah sakit dan diberi bantuan oksigen. Namun, meskipun sudah tidak keracunan, korban masih bisa mengalami infeksi paru-paru. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman keras oplosan agar tidak mengalami berbagai dampak buruk yang membahayakan.


Sumber: Kompas.com