KENAPA SIH ANTIBIOTIK HARUS DIMINUM?

Seberapa banyak antibiotik yang sudah Anda konsumsi sejauh ini? Antibiotik adalah jenis obat yang biasa diberikan ketika seseorang terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jenis obat yang satu ini akan menekan dan menghentikan pertumbuhan bakteri maupun mikroorganisme yang berbahaya di dalam tubuh. Antibiotik baru akan diresepkan ketika penyakit tidak kunjung sembuh juga.

Penggunaan antibiotik memang harus hati-hati dan berdasarkan resep dokter. Efek samping penggunaan antibiotik secara terus menerus selama 15 hari atau lebih ternyata dapat meningkatkan risiko tumbuhnya kanker usus. Tak hanya itu, muncul juga resiko tumbuhnya polip usus bila antibiotik digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut rekomendasi dokter, antibiotik dapat dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut dan masih menimbulkan efek samping seperti jerawat dan TBC. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian kepada 16.000 perempuan berusia di bawah 60 tahun yang mengonsumsi antibiotik selama 15 hari berturut-turut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan pada usia tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang kanker usus dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi antibiotik. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa antibiotik tidak seharusnya diminum dalam jangka waktu yang panjang agar risiko terserang kanker usus pun tidak meningkat.


Sumber: Detik.com