JANGAN TURUNKAN DIABETES KE ANAK, CEGAH DENGAN CARA INI!

Semakin bertambah umur seseorang, semakin besar peluang untuk terserang berbagai jenis penyakit. Salah satu jenis penyakit yang menyerang orang-orang berusia lanjut adalah diabetes. Penyakit yang satu ini disebut juga dengan kencing manis atau penyakit gula. Penyakit diabetes juga dipengaruhi oleh faktor genetik yang artinya apabila ada kakek, nenek, maupun orangtua yang terserang diabetes, maka anak pun menjadi lebih berisiko mengalami diabetes nantinya. Risiko tersebut pun akan semakin meningkat apabila gaya hidup Anda tidak sehat dan jarang berolahraga. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

1. Memperhatikan Pola Makan

Apa yang Anda makan setiap harinya mempengaruhi risiko terserang diabetes. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan dan minuman kemasan, makanan bernatrium tinggi, dan makanan minuman yang mengandung karbohidrat sederhana.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan adalah nasi merah, buah, sayur, biji-bijian, kacang polong, daging ikan, alpukat, maupun kacang almond.

2. Kontrol Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, Anda harus berhati-hati karena obesitas juga merupakan faktor yang meningkatkan risiko diabetes. Pastikan berat badan Anda ideal atau sesuai dengan tinggi badan. Jika melebihi berat badan ideal, maka sebaiknya Anda rajin berolahraga agar berat badan menurun.

3. Rutin Berolahraga

Banyak orang yang malas berolahraga karena tidak sempat atau lelah. Namun, perlu diketahui bahwa malas berolahraga dapat meningkatkan risiko diabetes. Oleh karena itu, sempatkanlah olahraga meskipun hanya 30 menit sehari. Dengan demikian kondisi tubuh tetap bugar dan lemak tidak bertumpuk.

4. Cek Gula Darah Berkala

Yang terakhir harus rajin dilakukan adalah cek gula darah. Menjaga gula darah agar tetap stabil bisa dilakukan dengan deteksi dini gula darah. Bila terjadi peningkatan, tentu dapat dilakukan pencegahan guna menurunkan angka gula darah. Awasi juga berbagai gejala awal diabetes yang mungkin muncul, seperti mudah haus, sering buang air kecil, mulut dan kulit kering, dan mata menjadi buram.



Sumber: Hellosehat.com