PAKAI HAND DRYER DI TOILET UMUM, IH BANYAK PENYAKITNYA!

Ketika memakai fasilitas toilet umum yang ada di mall maupun tempat publik lainnya, mungkin Anda sering menggunakan hand dryer yang memang disediakan oleh pihak pengelola agar para pengunjung dapat mengeringkan tangan dengan mudah. Alat tersebut memang lebih murah dan efektif dibandingkan dengan menyediakan tisu maupun kain lap untuk mengeringkan tangan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya alat tersebut justru membuat tangan Anda kotor kembali. Bagaimana bisa?

Para peneliti dari University of Connecticut menemukan bahwa tangan-tangan yang dikeringkan dengan menggunakan hand dryer justru penuh dengan bakteri. Hal ini disebabkan oleh angin yang dihembuskan oleh alat tersebut tak hanya mengeringkan tangan namun juga menyebarkan bakteri. Penelitian yang diterbitkan dalam Applied and Environmental MIcrobiology Journal ini, melakukan riset terhadap 36 sampel hand dryer di toilet kampus. Dalam waktu sekitar 30 detik, cawan yang diteliti sudah terkontaminasi lebih dari 50 jenis bakteri.

Yang mencengangkan, dari sekian jenis bakteri yang ditemukan dari hembusan angin hand dryer, salah satu jenisnya adalah jenis bakteri yang datang dari feses. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa terdapat pula jenis bakteri yang dapat berpotensi menjadi patogen dan spora. Namun, peneliti masih belum memastikan apakah hand dryer tersebut juga menjadi tempat bersarang bakteri atau sekedar menyebarkannya.


Sumber: Detik.com