TIDAK MENDADAK, SERANGAN JANTUNG ADA TANDA-TANDANYA!

Banyak orang yang berpikir bahwa serangan jantung selalu datang mendadak dan tiba-tiba. Mereka mengira penyakit tersebut tidak dapat diprediksi kedatangannya. Pendapat tersebut separuh benar separuh salah. Faktanya, ternyata serangan jantung sudah menunjukkan gejalanya sejak sebulan sebelumnya. Meskipun sering dianggap sebagai penyebab kematian mendadak, serangan jantung atau Myocardial Infarctions ada tanda-tandanya. Berikut ini adalah beberapa tanda serangan jantung yang perlu diwaspadai sejak sebulan sebelum serangan.

1. Mudah Lelah

Tak banyak yang menyangka bahwa mudah lelah ternyata merupakan salah satu tanda serangan jantung. Banyak orang yang mengira kelelahan yang mereka rasakan adalah hasil dari terlalu banyak beraktivitas sehingga mereka mengabaikannya. Padahal, bukan tidak mungkin jika sebenarnya kelelahan yang Anda rasakan merupakan tanda bahwa jantung Anda bekerja terlalu keras. Apalagi, bila rasa lelah tersebut disertai dengan kesulitan bernapas mendadak. Ada baiknya Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan EKG.

2. Terdapat Tekanan di Dada

Anda mungkin juga merasakan tekanan di dada atau dada terasa sesak. Tak hanya itu, rasa nyeri yang muncul di dada terkadang juga menjalar hingga ke lengan kiri, tenggorokan, leher, dagu, punggung, bahkan perut. Dalam beberapa kasus, nyeri tersebut bertahan hingga 15 menit. Saat Anda merasakan hal tersebut, hentikan segala aktivitas dan beristirahatlah hingga nyeri menghilang.

3. Pernapasan Terganggu

Pernapasan juga terganggu sebelum serangan jantung karena paru-paru tidak menerima pasokan darah yang cukup. Hal ini disebabkan oleh arteri atau pembuluh darah yang tersumbat. Ketika pernapasan Anda menjadi pendek-pendek dan terasa sulit, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Merasa Lemah dan Letih

Ketika Anda merasa lemah dan lunglai, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda otot tak menerima cukup pasokan darah. Sindrom kelelahan merupakan tanda lain yang menjadi gejala penyakit jantung.

5. Mudah Pusing dan Keringat Dingin

Anda tak melakukan banyak aktivitas namun keringat terus bercucuran dan terasa pusing. Bila Anda merasakan hal ini, segeralah berkonsultasi ke dokter karena bisa jadi pertanda kurangnya pasokan darah ke otak.

6. Pilek/flu

Sebenarnya cukup sulit untuk membedakan penyakit flu yang Anda alami merupakan gejala penyakit jantung atau bukan. Namun, pilek bisa jadi salah satu gejala penyakit jantung. Anda harus memperhatikan gejalanya, apalagi bila flu yang Anda alami dibarengi dengan berbagai gejala di atas. Anda harus memperhatikan sendiri dan kontrol ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Sumber: Liputan6.com